Berita

Tingkatkan Sinergitas Transformasi Digital, Rakorda Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kaltim Dimulai  

  •   Khajjar Rohmah
  •   13 Maret 2023
  •   2:25pm
  •   Berita
  •   301 kali dilihat

Samarinda - Dengan mengangkat tema "Sinergitas Transformasi Digital untuk Mendukung Implementasi E-Goverment," Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian se- Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 dimulai. 

Seremoni pembukaan acara Rakorda, dilangsungkan di Kyriad Sandurengas Hotel Tanah Grogot Kabupaten Paser, Senin (13/3/2023) pagi. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal dalam laporannya menyampaikan, Rakorda yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi. 

Terutama, untuk penyempurnaan rancangan penyusunan rencana kerja maupun rencana strategis lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Kaltim. Sebagai bagian dari rangkaian proses perencanaan dan pembangunan daerah.

Di samping itu, pelaksanan Rakorda yang diikuti oleh seluruh jajaran Diskominfo tingkat kabupaten/kota ini diharapkan, mampu menyelaraskan program dan kegiatan dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran. Sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan yang menjadi prioritas pembangunan daerah. Termasuk di antaranya, dalam hal percepatan transformasi digital.

"Jadi kita harapkan, Diskominfo kabupaten/kota bisa bergerak cepat menuju transformasi digital. Kita belum digital, baru menuju. Makanya ada kata transformasi," ucap Muhammad Faisal dalam penyampaiannya. 

Diskominfo Kabupaten Paser sebagai tuan rumah kegiatan, menurut Faisal sudah memiliki kemajuan yang cukup siginifikan. Terkait penyelenggaraan urusan bidang komunikasi dan informatika. Kabupaten/kota lain, kata dia harus mampu mengejar prestasi yang sama.  

Praktisi Humas pemerintah provinsi ini juga menuturkan, Kaltim berhasil menorehkan sederet prestasi membanggakan di kancah nasional. Mulai dari bidang keterbukaan informasi publik, literasi digital dan kemerdekaan pers. 

"Indeks Keterbukaan Informasi Publik Kaltim masuk 10 besar nasional, monev badan publik kita kategorinya informatif, Indeks Literasi Digital, ranking tiga nasional dua tahun berturut-turut. Dan Indeks Kemerdekaan pers kita, juara satu terbaik nasional tahun 2022 kemarin," terangnya disambut riuh tepuk tangan para peserta. 

Prestasi itu, pesan Faisal, harus dipertahankan dengan cara meningkatkan kualitas kinerja Diskominfo kabupaten/kota. (KRV/pt)