Berita

Tim Dekranasda Kaltim Tinjau Langsung Ke Kabupaten Berau

  •   Teguh Prasetyo
  •   30 Oktober 2021
  •   12:22pm
  •   Berita
  •   236 kali dilihat

Tanjung Redeb - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim melakukan Kunjungan ke Kabupaten Berau. Tujuan tersebut dilakukan  guna verifikasi data mengenai Penilaian Panji - Panji Keberhasilan di Bidang Dekranasda ke Kabupaten Berau, Jumat  (29/10/2021).

Hartami Purwaningsih yang merupakan  Anggota Bidang Perencanaan pada Dekranasda Kaltim memimpin rombongan langsung menuju Kantor Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Berau Koperindag, yang beralamatkan di Jl Murjani II, disambut oleh Kadisnya Muhammad Salim.

"Perusahaan di Kabupaten Berau bagaimana Pak Salim. Apakah telah memberikan dukungan dalam perkembangan Dekranasda di Berau,” tanya Tami, panggilan akrab Hartami Purwaningsih membuka pembicaraan.

Berau Coal merupakan Perusahaan Tambang terbesar ke-lima di Indonesia telah memberikan bantuan Coorporate Sosial Responbility (CSR) kepada Pengerajin di Kabupaten Berau.

"Untuk Berau Coal mereka berfokus kepada Pengrajin yang berada dilingkar tambang. Kebetulan “Batik Maluang” ini berada didalam lingkar tambang Berau Coal, jadi mereka dapat bantuan Mesin Cetak Batik atau yang lebih dikenal Mesin Klowong," jawab Salim.

Lanjut setelah Solat Jumat kami diajak ke Batik Maluang, untuk melihat langsung alat dan proses kerja Mesin Klowong,

Usai santap siang rombongan langsung menuju Batik Maluang yang berada di Kampung Maluang Jl. Poros Tanjung Batu RT 3 Kec Gunung Tabur Kabupaten Berau.

Didampingi langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Berau, Sri Aslinda Gamalis rombongan melihat proses kerja Mesin Klowong.

"Kami optimis untuk tahun ini akan mendapat Juara 1 atau Penilaian Terbaik, karena tahun 2020 kami berada diposisi kedua. Selain itu,  kita juga bisa terus memberikan motivasi kepada para pengrajin agar terus bisa berkarya," ujar Sri Aslinda Gamalis.

Diketahui, dikutip dari laman beraucoalenergy.co.id pada tanggal 23/6/2021 Community Development Manager, Hikmawaty menyebut bantuan ini merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal.

Tujuannya adalah  untuk mendukung potensi yang ada di kampung setempat, mengingat cukup banyaknya pengrajin di Kampung Maluang. (tp/pt)