Berita

Tiga Menteri Konfirmasi Hadiri Pencanangan Gernas BBI 2021

  •   primayudha amrullah
  •   11 Oktober 2021
  •   10:02am
  •   Berita
  •   391 kali dilihat

Samarinda-  Ir. Harlina Sulistyorini selaku Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memimpin Finalisasi Rapat Koordinasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Timur yang akan digelar di Plenary Hall Gor Sempaja, Samarinda pada 12 oktober 2021 mendatang.

Rapat tersebut dihadiri Sartin Hia selaku Sekretaris Jendral Gernas BBI,  Assisten Deputi Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementrian Kemaritiman dan Investasi, bertempat di Hotel Senyiur, Minggu (10/10) malam.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim, Muhammad Faisal turut hadir bersama Kepala Perangkat Daerah (PD) Lingkung  Pemprov lainnya beserta utusan dari Bank Indonesia dan Pertamina.

Drs. Syahrul,M.Si selaku Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memaparkan bahwa kesiapan venue sampai malam ini telah hampir rampung. Sehingga, Senin (11/10) pelaku bisnis UMKM Binaan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Prov Kaltim, Pertamina, Bank Indonesia dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat menempati 57 both yang telah disediakan.

“Besok akan dilakukan gladi resik dan simulasi. Sedangkan Menteri yang terkonfirmasi hadir adalah Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Luhut B Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Ida Fauziyah selalu Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI dan sisanya masih menunggu konfirmasi Menteri lainnya, “terangnya.

Lanjut ia jelaskan adapun kehadiran Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto akan diwakili oleh Deputi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM), Teten Masduki diwakili oleh Staff Ahli, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK),  Muhadjir Effendy di wakili Staff Ahli, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD masih menunggu konfirmasi.

Kemudian, Pejabat yang hadir secara virtual yaitu Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, sekaligus memberikan kata sambutan dan salah satu Dirut Pertamina, jelasnya lagi.

Terkait jumlah undangan sebanyak 131 dari Pemprov, Pemda Kab/Kota dan Pejabat Forkopinda masih menunggu  konfirmasi kehadiran agar dapat menyesuaikan dengan posisi tempat duduk, ujar Syahrul.

Acara yg digelar 1 (satu) hari akan dibuka dengan sambutan dari Gubernur Kaltim, Isran Noor dan ditutup dengan arahan dari Menko sekaligus meresmikan Gernas BBI di Kalimantan Timur dilanjutkan dengan mendengar testimoni dari Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ketua Dekranasda, Noorbaiti. Serta  Menkoperekonomian yang akan memberikan statement secara virtual dan ditutup dengan kegiatan ceremonial belanja yang  pengaturan teknis (platform) akan dikoordinasikan bersama Pertamina, terang Syahrul.

Sebanyak 120 UMKM Kaltim yang telah lolos hasil kurasi yang telah diseleksi selama 4 bulan terakhir akan on boarding di market place mulai Senin (11/10). Saat Press Conference (Press con) akan menghadirkan Menko, Kemen PDTT,  Menaker dan panitia menyediakan space untuk 50 media dengan tempat duduk kapasitas 30 orang agar tidak berkerumun dihadapan narasumber.

“Sukses untuk kita semua, karena Gernas BBI  ini milik kita” ujar Satin Hia selaku Sekretaris Jendral Gernas BBI diakhir-akhir penyampaiannya yang di tutup dengan makan malam bersama. (odi/pt)