Berita

Sultan Aji Muhammad Idris Kembali Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

  •   prabawati
  •   25 Agustus 2021
  •   1:08pm
  •   Berita
  •   516 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kembali mengusulkan Sultan Aji Muhammad Idris sebagai Pahlawan Nasional.


"Pemprov harap bisa disetujui di 2021, ini merupakan kado terindah bagi masyarakat Kaltim,"ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kaltim HM Jauhar Efendi kepada awak media, Senin (23/8).

Jauhar mengatakan belum ada satu pun Pahlawan Nasional dari Kaltim yang ditabalkan oleh Negara.  Apalagi saat ini Kaltim telah dinyatakan sebagai Ibu Kota Negara RI, maka ini sangat penting artinya bagi Kaltim.

Usulan Pemprov Kaltim mengajukan Sultan Aji Muhmmad Idris menjadi Pahlawan Nasional, saat ini sedang dilakukan verifikasi data untuk mencocokkan antara data dan narasi yang diusulkan dengan realitas di lapangan.

Dia mengatakan Sultan Aji Muhmmad Idris, pernah berangkat ke Wajo untuk turut bertempur melawan VOC bersama rakyat Bugis dan akhirnya wafat di tanah Wajo.

Lebih lanjut, Jauhar menjelaskan ada alasan mendasar mengapa Pemprov Kaltim mengajukan usulan Pahlawan Nasional, karena sejak Indonesia Merdeka 76 tahun yang lalu Kaltim belum punya Pahlawan Nasional.

Kedua, perjuangan Sultan Aji Muhammad Idris yang ikut berjuang lintas pulau, menunjukkan semangat patriotisme. (Prb/ty)