Berita

Sukseskan Harlah IPHI 2022, Meiliana Minta Penyelenggaran di Daerah Solid

  •   Rizky Yusuf
  •   15 Maret 2022
  •   4:27pm
  •   Berita
  •   552 kali dilihat

Samarinda - Guna mensuksekan acara  Hari Lahir (Harlah) Ke-32 Tahun 2022 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Pemprov Kaltim bersama Kementerian Agama se kabupaten Kota Kaltim melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar di Ruang Kayan Mentarang Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (15/3).

Ketua IPHI Kaltim, Dr. Hj. Meiliana saat memimpin rapat menuturkan, puncak peringatan Hari Lahir IPHI akan dilaksanakan pada tanggal 22 Meret 2022 mendatang. Dirinya meminta kepada Kanwil Kementerian Agama yang berada di Kabupaten/Kota agar solid.

"Yang jelas kita serentak dalam rangka penyelenggaraan hari lahir IPHI - KE 32 Tahun. Rencana tanggal 22 dan itu serentak se Indonesia, jadi Kabupaten Kota juga ikut melaksanakan harlah ini,"ucapnya.

Untuk pelaksanaan kegiatannya, ia menyebutkan akan digelar di masijd Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim, kemudian ia menetapkan bahwa pakaian para peserta nanti akan mengenakan warna putih. Selain itu direncanakan juga Wakil Gubernur Kaltim akan menghadiri agenda tersebut.

Dijelaskan juga dalam rapat tersebut bahwa pihaknya telah memajukan waktu dari jadwal yang tertera di surat, mengingat waktu dari Jakarta Pusat berbeda dari wilayah Kalimantan Timur.

"Cuma karena waktu Jakarta itu jam 11.00 WIB nah kami nanti maju, jam 08.00 WITA mulainya. Tapi nanti disana ada pembacaan ayat suci Al-Qur'an, setelah itu ada laporan dari saya selaku Ketua IPHI wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan sambutan Wakil Gubernur,"bebernya menerangkan.

Itu nanti ada penyerahan secara simbolis kepada kaum duafa dan anak yatim. Itu nanti ada penyerahan sembako secara simbolis dan penyerahan amplop hanya sepuluh,tutur Meiliana.

Terkait pelaksanaan secara teknis pihaknya juga meminta kepada Dinas Kominfo Kaltim untuk memfasilitasi
kegiatan tersebut melalui virtual zoom.

"Nanti akan dikirim ke Jakarta sebagai bahan laporan bahwa kami solid. Dilaporan juga nanti saya akan menjelaskan kepada majelis bahwa acara ini serentak se Indonesia.
Silahkan berkreasi saja, yang penting nanti hasilnya kan ada laporan ke Provinsi berupa terulis juga, nanti kita satukan baru saya kirim ke Pusat. Jadi laporan-laporan di Kabupaten/Kota tertulis saja, nanti saya bukukan bahwa kami solid, sudah menyerahkan santunan ini serentak baik 10 kabupaten kota maupun Provinsi,"tutupnya.

Meiliana berharap di momen hari lahir IPHI ke 32 ini, kedepan semakin baik terutama untuk kuota para jamaah haji yang ada Indonesia.(rey/pt)