Berita

Suharso Melihat Langsung Lokasi IKN

  •   pipito
  •   13 April 2021
  •   3:20pm
  •   Berita
  •   301 kali dilihat

PENAJAM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,  Suharso Monoarfa berangkat ke Provinsi Kalimantan Timur untuk kunjungan lapangan, Senin (12/4/2021).

Menteri dan rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 05.50 WIB dini hari. Mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, pukul 08.50 WITA.

Dalam kunjungannya Menteri Bappenas juga didampingi oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, Staf khusus Presiden Bidang Komunikasi, Muchammad Fadjroel Rachman, Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud (AGM), dan sejumlah rombongan dari Kementerian terkait, rombongan dari Pemprov Kaltim maupun Kabupaten PPU.

Rombongan Menteri tersebut mengunjungi 11 titik di sana. Adapun  di antaranya rencana titik nol pembangunan, rencana titik istana negara dan sejumlah situs yang direncanakan untuk bendungan. Menteri juga dijadwalkan bertemu dengan Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menjelang sore, Menteri dijadwalkan mengunjungi Kawasan Industri Muara Jawa. Usai melakukan kunjungan lapangan, Menteri akan melanjutkan aktivitasnya di Jakarta.

Pembangunan IKN dirancang sebagai strategi pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi yang terintegrasi dengan berbagai strategi pemulihan ekonomi lainnya.

IKN dirancang untuk menarik peluang investasi baik lokal maupun global. Pembangunan properti dan infrastruktur dapat membuka lapangan kerja baru yang dapat mendukung terciptanya pemerataan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

Sejumlah pegawai Bappenas yang turut hadir mendampingi Menteri adalah Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Deputi Bidang Politik dan Keamanan, Deputi Bidang Daerah, Deputi Bidang Pendanaan, Deputi Sarana dan Prasarana, Direktur Pertahanan dan Keamanan, Direktur IPEK, Direktur KNAM, Direktur Perhubungan, KSP dan Humas Karo. (pt)