Berita

Suguhkan Capaian Pembangunan dengan Apik, Diskominfo Kaltim Sabet Juara 1 Kategori Stan Informasi Publik Terbaik

  •   Sefty Wulandari
  •   23 Agustus 2023
  •   7:33pm
  •   Berita
  •   325 kali dilihat

Suguhkan Capaian Pembangunan dengan Apik, Diskominfo Kaltim Sabet Juara 1 Kategori Stan Informasi Publik Terbaik

Samarinda - Stan milik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meraih Juara 1 dalam gelaran Kaltim Expo yang baru-baru ini rampung dilaksanakan yaitu sejak tanggal 18-22 Agustus 2023 di kawasan Convention Hall Sempaja.

Informasi tersebut diumumkan secara langsung saat penutupan resmi Kaltim Expo, Selasa (22/08) di panggung utama. 

 

Penghargaan pun diberikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni kepada seluruh pemenang stan yang terdiri dari unsur Perangkat Daerah (PD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), UMKM hingga Perusahaan Swasta.

“Kita berbangga bisa keluar sebagai Juara 1 stan Informasi Publik dari beberapa kategori yang ada” ungkap Irene Yuriantini selaku Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim.

Selain menyuguhkan capaian pembangunan dan berbagai program kerja dengan apik di stan/booth, upaya sosialisasi dan pendekatan Diskominfo Kaltim dengan masyarakat luas juga dikemas menarik melalui banyak cara mulai dari interaksi langsung saat pameran, hingga membuat lomba-lomba yang kreatif di media sosial.

“Kita berusaha mengenalkan Diskominfo Kaltim kepada publik terutama masyarakat Samarinda, bukan hanya berdasarkan apa yang kita pamerkan dalam expo saja, tapi kita juga berusaha mendekatkan Diskominfo Kaltim dengan publik melalui lomba-lomba kreatif di media sosial Diskominfo” imbuhnya.

Diraihnya juara 1 dalam gelaran expo terutama kategori informasi publik juga merupakan hal yang dinanti oleh Diskominfo Kaltim. Selama ini, Diskominfo Kaltim juga acapkali meraih prestasi pada kategori lain namun kali ini akhirnya memenangkan kategori tersebut. Hal ini disampaikan oleh Awang Fauzan selaku Kepala Seksi Kemitraan Media Komunikasi Publik Diskominfo Kaltim.

“Meraih juara 1 dalam kategori informasi publik adalah suatu pencapaian yang luar biasa dan sangat dinanti selama ini. Pameran-pameran sebelumnya kita juga meraih juara namun baru kali ini menjadi stan informasi publik terbaik yang mana juga sesuai dengan bidang kita.” ujar Fauzan penuh rasa syukur.

Pencapaian ini begitu bermakna tatkala pada Kaltim Expo 2023 hampir seluruh Perangkat Daerah mengikuti pameran ini untuk turut mendukung dan mengexpose capaian pembangunan di masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam satu periode yakni lima tahun terakhir yaitu 2018-2023. Mengusung tema yaitu Benang Merah Pembangunan, Komunikasi dan Informatika di Bumi Etam, stan Diskominfo Kaltim hadirkan informasi dan beragam tagline yang menjadi spirit dalam realisasi program pembangunan.

“Kedepannya, kita akan terus usung tema yang informatif, dan inovatif tentunya untuk gelaran expo berikutnya” pungkasnya.

Diskominfo Kaltim unggul dalam kategori stan informasi publik, diikuti oleh stan milik Dinas Pariwisata Kaltim yang meraih juara 2, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim di posisi ketiga.

Adapun pemenang kategori stan lainnya yang dilombakan dalam Kaltim Expo 2023 yaitu kategori Stan Terbaik yang diraih oleh Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, diikuti oleh Dinas Kehutanan Kaltim di posisi kedua dan Dinas Perhubungan Kaltim di posisi ketiga. Kategori Stan Inovasi terbaik yang dimenangkan oleh DKP3A Kaltim diikuti PLN Unit KAltimtara di posisi kedua dan DPMPTSP Kutai Timur di posisi ketiga. Kategori Stan Kreatifitas dimenangkan oleh Dinas Kesehatan Kaltim dan diikuti di posisi kedua oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura di posisi ketiga, serta kategori stan Favorit yang dimenangkan oleh stan milik Tim Penggerak PKK Kaltim. (sef/pt)

Foto : Teguh Prasetyo