Berita

Sosok Pionir Pendidikan Komunikasi, Djoko Soengkono Raih Penghargaan Dalam Paripurna Ke-2 DPRD HUT Ke 67 Provinsi Kaltim

  •   Rizky Yusuf
  •   8 Januari 2024
  •   4:20pm
  •   Berita
  •   287 kali dilihat

Samarinda - Sidang Paripurna ke-2 DPRD Kaltim dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Provinsi Kalimantan Timur diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada tokoh berjasa dan masyarakat berprestasi oleh Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik di Gedung Utama DPRD, Senin (8/1/2024). 

Salah satu penerima penghargaan sebagai seorang yang berjasa yakni Drs. Djoko Soengkono, seorang tokoh pendidikan komunikasi di Kalimantan Timur. 

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kaltim atas kontribusi signifikan Djoko Soengkono dalam mengembangkan pendidikan komunikasi dan berbagai sektor, termasuk perannya sebagai pelopor berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Mahakam.

"Selamat Hari Ulang Tahun ke 67 Provinsi Kaltim. Sukses dan selanjutnya semakin sejahtera bagi masyarakatnya dan seluruh insan di Kalimantan Timur yang akan juga merupakan ibu kota negara nantinya akan semakin maju dan sejahtera untuk semuanya,"ucapnya saat ditemui usai acara Rapat Paripurna.

Djoko Soengkono juga dikenal sebagai penghubung sukses untuk pendirian sekolah tinggi swasta di Kaltim, serta terlibat dalam penyusunan roadmap perusahaan-perusahaan besar seperti PT. ASABRI (Persero) dan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Penerimaan penghargaan ini bukan hanya penghormatan pada Djoko Soengkono pribadi, tetapi juga sebagai dorongan bagi masyarakat Kaltim, khususnya generasi muda, untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam memajukan daerahnya.

Dalam pesannya, Djoko Soengkono menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi, terutama bagi generasi milenial dan Z. Ia juga mengajak para senior dan instruktur untuk terus meng-upgrade diri guna mempersiapkan generasi mendatang dalam menghadapi era digitalisasi yang semakin berkembang.

Bagi Djoko Peringatan HUT Ke-67 Provinsi Kaltim tidak hanya menjadi acara seremonial belaka, tetapi juga mencerminkan semangat dan dedikasi kolektif yang telah membentuk Kaltim sebagai daerah yang maju dan berprestasi. 

Ini juga menjadi momentum untuk mempersiapkan sumber daya manusia, terutama dalam konteks Kaltim yang telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara.

"Apalagi Kaltim sudah ditetapkan menjadi IKN harus dipersiapkan SDMnya, Human Resourcenya,"tambahnya.

Dirinya menerima penghargaan ini atas perannya sebagai tokoh pendidikan komunikasi. (rey/pt)

Adapun beberapa pencapaian luar biasa yang membuatnya berhak mendapatkan penghargaan tersebut antara lain:

1. Pelopor Pendidikan Komunikasi di Kaltim: Drs. Djoko Soengkono diakui sebagai pelopor dalam pendirian Perguruan Tinggi Komunikasi di Kalimantan Timur (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Mahakam), membuka pintu untuk kemajuan pendidikan di bidang komunikasi.

2. Penghubung Pendirian Sekolah Tinggi Swasta Kaltim: Sebagai penghubung, ia berhasil mengkoordinasikan pendirian Sekolah Tinggi Swasta di Kaltim kepada Kopertis VII di Surabaya, memberikan akses pendidikan lebih luas.

3. Ketua Tim Penyusunan Roadmap PT. ASABRI (Persero): Terlibat sebagai ketua tim dalam penyusunan Roadmap PT. ASABRI (Persero), Drs. Djoko Soengkono memberikan kontribusi strategis dalam pengembangan perusahaan.

4. Ketua Project Management Office DJSN untuk Roadmap BPJS Kesehatan: Sebagai ketua Project Management Office DJSN, perannya dalam penyusunan Roadmap BPJS Kesehatan menunjukkan komitmen terhadap sektor kesehatan.

5. Ketua Komite Organisasi DJSN untuk Roadmap BPJS Ketenagakerjaan: Drs. Djoko Soengkono juga terlibat dalam penyusunan Roadmap BPJS Ketenagakerjaan sebagai Ketua Komite Organisasi DJSN.

6. Senior Advisor PT. Sentra Jasa Aktuaria Peran sebagai Senior Advisor di PT. Sentra Jasa Aktuaria menunjukkan keahliannya dalam pengelolaan risiko dan aktuaria.

7. Chief of Commissioner PT. Indonesia Aviasi Survei: Sebagai Chief of Commissioner di PT. Indonesia Aviasi Survei.