Berita

Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara bagi Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Samarinda

  •   Hendra Saputra
  •   21 Juni 2022
  •   8:03am
  •   Berita
  •   376 kali dilihat

Samarinda- Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda menggelar Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara bagi Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Samarinda.

Kegiatan yang mengikutsertakan Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur (KBPKT) sebagai narsumber ini merupakan lanjutan dari Kegiatan Pengutamaan Bahasa Negara di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Pemerintahan Kota Samarinda, Ir. Heri Suriansyah, dengan narasumber KBPKT yakni Halimi Hadibrat , Nur Bety dan Ali Kusno, S.Pd.  Kegiatan dihadiri oleh pengelola hotel, pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), serta Duta Pariwisata Kota Samarinda, bertempat di Banana Cafe, jalan Teuku Umar 6 belum lama ini.

Kepala KBPKT, Halimi Hadibrat  menyampaikan kebijakan lembaga tentang Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik. Selanjutnya, Ali Kusno memaparkan materi tentang Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara bagi Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Samarinda.

Acara yang diadakan tersebut berlangsung sukses. Peserta merespons positif kegiatan dengan mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang disampaikan.

Setelah pemaparan materi dari para narasumber, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menyadari peran penting bahasa dalam menunjang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, peserta memahami perlunya pemberdayaan bahasa daerah di Kalimantan Timur untuk memberikan nilai tambah dan pembeda pada bidang pariwisata di Kota Samarinda. (hend/pt)