Berita

Sosialisasi Literasi Digital Bagi DWP Prov. Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   6 Maret 2024
  •   11:43am
  •   Berita
  •   132 kali dilihat

Samarinda - Sosialisasi Literasi Digital bagi anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kaltim diselenggarakan di Ballroom Hotel Hariis Lt. 5 Kota Samarinda,Rabu (6/3/2024).


Muhammad Faisal selalu Kepala Diskominfo Kaltim, mengungkapkan dalam sambutannya bahwa digitalisasi merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan. Mengikuti perkembangan digital menjadi suatu keharusan karena dunia saat ini telah serba digital.

"Prestasi literasi digital Kaltim yang menempati peringkat ketiga nasional selama dua tahun terakhir merupakan hal yang membanggakan bagi kita," ungkapnya.

Namun demikian, Faisal juga mengingatkan akan tantangan yang dihadapi akibat tingginya tingkat literasi digital di masyarakat.

"Kita harus waspada terhadap bahaya yang mungkin timbul, terutama terkait dengan keamanan dalam bertransaksi online," tambahnya.

Pemerintah pun telah menetapkan standar literasi digital yang terdiri dari empat pilar, yakni keterampilan digital, keamanan digital, budaya digital, dan etika digital.

"Etika digital sangat penting, terutama dalam konteks hukum ITE dan UU Perlindungan Data Pribadi," tegas Faisal.

Dalam sambutan lainnya, Plt. Kepala Bidang Aptika Diskominfo Kaltim, Denny Ruliansyah,  menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi literasi digital ini merupakan bagian dari program Diskominfo Kaltim dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang teknologi informasi dan komunikasi.

Acara ini turut dihadiri oleh dr. Yulia Zubir Akmal sebagai Penasehat DWP Provinsi Kalimantan Timur. (hend/pt)