Berita

Sosialisasi Bela Negara untuk Perangkat Desa Kukar: Menguatkan Kesadaran di Era Digital

  •   Sefty Wulandari
  •   12 September 2023
  •   6:46pm
  •   Berita
  •   510 kali dilihat

Tenggarong – Pesatnya teknologi dan new media (Media Sosial) memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh informasi dengan cepat.

Media sosial dan Internet menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat tak terkecuali bagi para perangkat desa di kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Gabungan seluruh perangkat desa di Kukar ini memegang peran penting dalam menyebarluaskan informasi di lingkup pemerintahan desa terkait kebijakan maupun berbagai informasi lainnya.

“Tren di media saat ini adalah semua sudah serba digital. Segala hal sudah bisa digital. Bahkan, terdapat beberapa kebiasaan baru yang kini sudah kita jalani yang disupport oleh digital. Mulai dari rutinitas harian, hiburan, pembayaran digital, urusan administrasi dan masih banyak lagi, ” ungkap Muhammad Faisal selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Perangkat Desa di Kabupaten Kukar tahun 2023, Selasa (12/09/2023).

Oleh karena itu, Faisal pun turut menambahkan bahwa perangkat desa di Kabupaten Kukar tidak hanya memiliki tugas konvensional dalam mengurus pemerintahan desa, tetapi juga harus mengikuti perkembangan teknologi dan media sosial. Dalam era digital ini, para garda terdepan di lingkup pemerintahan desa ini juga perlu memahami bagaimana memanfaatkan media sosial dan internet untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat secara efisien dan akurat.

“Sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat desa, perangkat desa diharapkan dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dalam lingkungan yang semakin terdigitalisasi. Terlebih, dengan masih adanya hoaks di sekitar kita. Perangkat desa harus jeli dan cakap digital, ”imbau Faisal.


Dengan demikian, acara sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Kabupaten Kukar tahun 2023 tidak hanya memberikan pemahaman tentang nilai-nilai bela negara, tetapi juga mempertimbangkan peran penting media sosial dan teknologi digital dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.


Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan RI Bersama Kesbangpol Kukar ini diikuti oleh 250 orang peserta yang dibagi menjadi 2 kelompok dan diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 12 dan 13 September 2023, di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.


Diharapkan acara ini akan membantu perangkat desa di Kabupaten Kukar menjadi lebih cakap digital dan mampu memanfaatkan media sosial serta teknologi digital dengan bijak, serta menjalankan tugas mereka sebagai agen perubahan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara. (sef/pt)