Berita

Sosialiasi E-BMD, Aplikasi Guna Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Daerah  

  •   pipito
  •   14 Juli 2022
  •   4:40pm
  •   Berita
  •   2042 kali dilihat

Balikpapan - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Sosialisasi Permendagri nomor 47 tahun 2021 tentang, Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah dan Implementasi Aplikasi E-BMD (Elektronik Barang Milik Daerah), di hotel Novotel Balikpapan, Kamis (14/7/2022).

Mewakili Gubernur Kaltim, Staf Ahli Bidang Reformasi dan Birokrasi Keuangan Daerah Pemprov Kaltim, M. Kurniawan, SE. AK. MM mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, utamanya terkait E-BMD bagi daerah, khususnya Kaltim. Sosialisasi ini penting dilaksanakan untuk menyesuaikan dengan tehnologi dan sistem tatanan pemerintahan yang baik.

Dalam sambutannya juga disampaikan, agar setiap pelaksana dalam melaksanakan aturan-aturan yang sesuai dengan baik. Termasuk penyesuaian penggunaan aplikasi E-BMD membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri untuk beralih ke aplikasi sebelumnya, sehingga mudah untuk dipahami.

"Kiranya, dengan sosialisasi ini, sedapat mungkin untuk dipahami agar dapat diaplikasikan dalam dunia kerja masing-masing. Sosialisasi kali ini sedapat mungkin para peserta dari aparat BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) dan kabupaten/kota di Pemprov Kaltim,”harapnya.

Sementara itu, Abdul Munif selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Kepala Bidang Pengelolaan BMD Kaltim menambahkan  kegiatan sosialisasi ini sebagai wujud implementasi dari permendagri nomor 47 tahun 2021 tentang, Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah, untuk setiap daerah dapat memahami regulasi tersebut.

"Sosialisasi E-BMD ini juga menjadi acuan dalam mengaplikasikan sistem elektronik dilingkungan pemprov Kaltim, dengan menyesuaikan aplikasi terbaru. Harapanya, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas para aparat kita khususnya dalam pengelolaan aset daerah, dengan menggunakan aplikasi baru," tandas Abdul Munif. (pt)

 

Sumber; Harian Jurnal