Berita

Sinergi Pemantapan Bimtek Pranata Humas

  •   Primayudha Amrullah
  •   27 Agustus 2021
  •   4:07pm
  •   Berita
  •   377 kali dilihat

Samarinda- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim bersinergi terkait Pemantapan Bimbingan Teknik Kehumasan bagi Jabatan Fungsional Pranata Humas di Lingkup Pemprov Kaltim.

Kedatangan Kepala Diskominfo Prov Kaltim, Muhammad Faisal didampingi Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Sumber Daya Komunikasi Publik, Sri Rezeki Marietha beserta staff disambut hangat oleh Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi, bersama Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional, H. Fitriansyah, Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional, Sulismono di Kantor BPSDM, Jumat (27/8).

Adapun maksud dari pertemuan kali ini untuk berkoordinasi pemantapan Bimtek Kehumasan oleh BPSDM Prov Kaltim, yang mana ini merupakan moment pertama bagi Jabatan Fungsional Pranata Humas agar nantinya mendapatkan dasar-dasar kehumasan serta dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi menuturkan dalam konteks pencarian peserta kami berkoordinasi bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim. Namun, secara teknis untuk Jabatan Fungsional dan instansi teknis daerah itu adalah wewenang dari Diskominfo yang menaungi Pranata Humas sehingga peserta yang sudah terdaftar tinggal dilakukan pemanggilan.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional, Sulismono menambahkan Pelatihan Dasar Kehumasan akan dilaksanakan di Samarinda pada 7 September 2021 mendatang. Dimana BPSDM Kaltim Diskominfo turut andil dalam penyebaran informasi kegiatan dan menjaring peserta pelatihan tersebut, ujar Sulismono.

Faisal selaku Kepala Diskominfo Prov Kaltim mengatakan sangat mendukung adanya keterbukaan informasi publik di setiap OPD. Terkait penjaringan peserta sampai hari ini ada 30 peserta yg terkonfirmasi dan masih menunggu sampai akhir bulan Agustus ini. Kegiatan positif ini disambut antusias oleh bebarapa kota di Kaltim, karena sebagai regenerasi Pranata Humas baik yang telah menjadi fungsional maupun calon.

“Perkembarang terakhir kami sudah menyiapkan silabus sementara dan bebarapa narasumber telah di list dan narasumber (staf ahli terbaik Indonesia) yang berada di luar Kaltim masih dikondisikan melihat situasi yang ada. Terkait tempat maupun fasilitas kegiatan mempercayakan sepenuhnya pada BPSDM, “ ujarnya.

Berkaitan Kegiatan yang bersifat keterbukaan informasi publik dari OPD di Kaltim sangat berpengaruh satu sama lain. Diketahui tahun ini saja Kaltim sudah masuk 10 besar dan target 5 besar di tahun 2022, terang Faisal. (odi/pt)