Berita

Simpan Dulu Sampahmu Selama 2 Hari

  •   ade putri
  •   12 Mei 2021
  •   1:58pm
  •   Berita
  •   326 kali dilihat

SAMARINDA- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda mengeluarkan Surat Edaran (SE), No 658.1/1005/100.14 tentang Bersih Sampah Hari Raya Idulfitri 1442H/2021M.

Surat edaran tersebut guna mengantisipasi tumpukan atau lonjakan sampah yang membludak pada Hari Raya Idulfitri nanti. Serta dikeluarkan dalam rangka penanganan sampah yang bersumber dari meningkatnya konsumsi masyarakat baik menjelang maupun sesudah Hari Raya Idulfitri 1442H.

Kasi Penanganan Sampah, Zainal Abidin saat dihubungin melalui pesan Whatsapp menyampaikan kepada seluruh Camat dan Lurah se-Kota Samarinda agar dapat mengkoordinasikan terkait hal tersebut dengan RT setempat.

“Pihaknya diminta menyiapkan strategi agar masyarakat luas bisa mengetahui jadwal waktu pembuangan sampah. Baik disampaikan secara langsung kepada masyarakat atau melalui pengumuman menggunakan pengeras suara dari Masjid dan Mushala, “ujarnya.

Lanjutnya, pada H-1 Idulfitri tepatnya tanggal 12 Mei 2021, masyarakat diminta membuang sampah ke TPS yang ditentukan dengan batas pembuangan terakhir sampai pukul 21.00 Wita, bebernya.

Masyarakat juga diminta menyimpan sampah selama dua hari tepatnya tanggal 13-14 Mei. Dikarenakan ditanggal itu DLH fokus membantu pengambilan atau pengangkutan sisa sampah H-1 dan pengangkutan kertas koran bekas alas sholat IED, serta pembuangan sampah kembali normal pada H+2 Idulfitri (15 Mei) mulai pukul 18.00 Wita sampai 06.00 wita, jelasnya.

“Diharapkan seluruh masyarakat dapat mengikuti imbauan tersebut dengan menyimpan dulu sampahnya selama lebaran, agar petugas kebersihan kami juga bisa merayakan lebaran bersama keluarganya,” harapnya.

Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai juga diharapkan untuk menyimpan sampah selama 2 (dua) hari dan tidak membuang sampah tersebut ke sungai, tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga beliau mengingatkan, ketika melakukan aktivitas ziarah kubur agar tetap menjaga kebersihan dan keindahan dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di area pemakaman. (ade/pt)

#Ramadhan2021
#DLHSamarinda
#Simpansampahmu2 Hari