Berita

Sidparda Gerakan Pramuka Kwarda Kaltim, Momen Sinergikan Pramuka Bumi Etam

  •   Sefty Wulandari
  •   30 November 2022
  •   8:13pm
  •   Berita
  •   834 kali dilihat

Sidparda Gerakan Pramuka Kwarda Kaltim, Momen Sinergikan Pramuka Bumi Etam

Samarinda – Menutup kegiatan dan program kerja di penghujung tahun 2022, Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu (30/11) menggelar Sidang Paripurna Daerah (Sidparda) Kaltim tahun 2023.

Pertemuan yang dihelat di Ruang Jambore Kwarda Kaltim Jl.M.Yamin Nomor 06, berlangsung selaman 2 (dua) hari, 30 November - 1 Desember 2022.

Mengusung tema Bersinergi, Berkontribusi, dan Berkarya untuk Pramuka Kalimantan Timur, sidang ini dihadiri perwakilan pengurus Kwartir Cabang Kabupaten / Kota di Bumi Etam.

Hadir dan membuka acara secara resmi Sekretaris Kwartir Daerah Kaltim, Fachruddin Djahrie mengatakan Sidparda ini turut pula menjadi rangkaian kegiatan menuju Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kaltim tahun 2023 pada tanggal 2 hingga 4 Desember mendatang.

Berkenaan dengan hal tersebut, adapun hal-hal yang ingin disampaikan sebagai bahasan pada Rakerda hingga masukan dan saran terkait kegiatan dan program kerja sepanjang tahun dapat didiskusikan saat Sidparda berlangsung.

“Saya berterimakasih atas keikutsertaan peserta delegasi dari tiap Kwartir Cabang (Kwarcab) yang hadir. Pada momen Sidparda ini kiranya bisa jadi ruang untuk berkoordinasi dan mari terus mempererat rasa kebersamaan dan solidaritas dalam menyalurkan aspirasi masing-masing, ” jelas Fachruddin.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Panitia pelaksana Sidparda Kwarda Kaltim, Saudah melaporkan sebanyak 16 delegasi Kwartir Cabang (Kwarcab) dihadirkan pada Sidparda, dengan masing-masing berjumlah 2 orang asal Paser, Berau,Penajam Paser Utara, Samarinda, Bontang dan masing-masing 1 orang Balikpapan serta Kutai Timur. Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu dilaporkan absen dalam sidang tersebut.

Dimulainya Momen Sidparda ini dengan ditandai secara adat yakni penancapan pusaka oleh Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kaltim, Muhammad Reofani. Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan tanda peserta secara simbolis oleh Sekretaris Kwarda Kaltim, Fachruddin.

Adapun Sidparda menjadi wadah untuk menampung buah pikiran dan juga ruang evaluasi dan perencanaan kegiatan hingga program kerja untuk di tahun berikutnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengajak para kader baik di tingkat cabang maupun keseluruhan pun diharapkan dapat menciptakan kekompakan serta kerja yang handal, saling bahu membahu, aktif dan kontributif. (sw/pt)