Berita

Setdaprov Kaltim Gelar Geladi Bersih Persiapan Upacara HUT ke 77 RI

  •   Khajjar Rohmah
  •   15 Agustus 2022
  •   9:04am
  •   Berita
  •   307 kali dilihat

Samarinda  – Geladi bersih persiapan Upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI) digelar oleh Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam hal ini, dipimpin oleh Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (POD) selaku panitia penyelenggara.

Pelaksanaan Geladi bersih digelar secara langsung di GOR Kadrie Oening, Sempaja Samarinda pada Senin (15/8/2022) yang juga sebagai lokasi upacara penaikan dan penurunan bendera nantinya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro POD Setdaprov Kaltim, Diddy Rusdiansyah didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, Imanudin dan Kepala Bagian Otonomi Daerah, Endang Sugiatik menjelaskan, pelaksanaan geladi kotor dan geladi bersih merupakan bagian dari rangkaian acara HUT RI yang digelar oleh Pemprov Kaltim.

“Jadi hari ini geladi kotor sekaligus geladi bersih untuk tiga acara. Yakni upacara penaikan bendera, penurunan bendera dan upacara virtual,” kata Imanudin di ruang transit VIP GOR Kadrie Oening Sempaja, saat ditemui Tim Diskominfo Kaltim di sela – sela agenda geladi.


Pelaksanaan geladi dihadiri oleh seluruh petugas dan peserta upacara. Mulai dari pelajar dan mahasiswa, TNI/Polri, Tim Paskibraka dan Paduan Suara. Latihan baris – berbaris dipandu langsung oleh personel TNI dari Komando Resort Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma.

“Ini pasukan lengkap, peserta upacara lengkap, hampir sama dengan pelaksanan hari H. Kecuali, Inspektur Upacara dan Pembaca Teks Pancasila diwakilkan,” tambah Iman sapaan akrab Imanudin.

Iman juga memastikan kesiapan Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah dibina oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan dilatih secara khusus oleh TNI/Polri. Tim Paskibraka disusun dengan formasi Pasukan 17 plus Pasukan 8 (delapan) dan diiringi dengan 45 Pasukan Pengawal.

Tamu VIP diperkirakan sejumlah 350 orang. Terdiri dari Gubernur Kaltim selaku Inspektur Upacara (Irup), Wakil Gubernur Kaltim, unsur Forkopimda, anggota DPRD Kaltim, Kepala Perangkat Daerah (PD), BUMN/BUMD, instansi vertikal dan lembaga serta organisasi kemasyarakatan. 

“Turut kita undang juga mantan-mantan gubernur, wakil gubernur, sekda, dan asisten. Serta veteran juga turut kami hadirkan,” kata Iman.

Sementara itu, total peserta upacara yang mengisi setiap peleton diperkirakan sebanyak 1.200 orang. Setiap peleton diisi oleh 20 – 22 orang. Terdiri dari unsur ASN, perguruan tinggi, TNI/Polri dan siswa SMA/SMK. 

Di bagian deretan tribun belakang juga dibentangkan bendera merah putih raksasa dengan ukuran panjang 110 meter dan lebar 40 meter. 

Pelaksanaan upacara dijadwalkan akan digelar pada Rabu 17 Agustus 2022 pukul 09.30 pagi. Dilanjutkan dengan upacara virtual bersama pemerintah pusat pada pukul 11.00 Wita siang. Sedangkan, upacara penurunan bendera pada pukul 16.00 Wita atau 04.00 sore. 

“Sejauh ini tidak ada kendala karena kita selalu koordinasi dengan tim dan semua tugas kita bagi habis. Semoga lancar sampai hari pelaksanaan upacara,” tutupnya. (KRV/pt)