Berita

Semarakkan Dirgahayu Indonesia, Pemprov Kaltim Susun Rangkaian Perayaan HUT ke-78 RI

  •   Khajjar Rohmah
  •   1 Agustus 2023
  •   7:44am
  •   Berita
  •   356 kali dilihat

Samarinda - Memasuki bulan kemerdekaan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) tengah menyusun rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Perayaan tahunan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia di Kaltim akan diselenggarakan dengan penuh kemeriahan. Tahun ini menandai tahun pertama peringatan HUT RI setelah melewati masa pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni, dalam rapat panitia penyelenggaraan HUT RI, mengimbau seluruh Perangkat Daerah (PD) untuk berkontribusi dalam setiap rangkaian acara.

"Tahun lalu, peringatan HUT RI kita rayakan dalam suasana semi pandemi yang belum sepenuhnya pulih. Tahun ini, kita akan melaksanakan peringatan dengan suasana normal dan semarak. Pengarahan massa juga akan lebih banyak. Harapan kita, HUT RI kali ini bisa lebih meriah dari perayaan HUT Pemprov Kaltim di Januari lalu," ujar Sekda dalam Rapat Pembentukan Panitia Pelaksanaan HUT ke-78 RI di Ruang Rapat I Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Senin (1/8/2023).

Saat ini, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di Provinsi Kaltim sedang disusun. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (BPOD) Setdaprov Kaltim, Siti Sugiyanti mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian acara dalam perayaan HUT RI masih bersifat tentatif. Namun, ada beberapa acara tahunan yang sudah pasti akan diselenggarakan.

Di antaranya adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), pemberian remisi, syukuran HUT RI, dan ramah-tamah dengan para veteran.

Rangkaian perayaan HUT RI di Kaltim akan dimulai pada 15 Agustus 2023 mendatang. Selain rangkaian acara tahunan, Pemprov Kaltim juga akan menggelar pameran dan expo selama sepekan penuh yang diisi oleh Perangkat Daerah (PD) lingkup pemerintah provinsi dan stan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Para Perangkat Daerah (PD) juga telah ditugaskan sebagai koordinator dalam susunan kepanitiaan. Masing-masing PD akan melakukan rapat internal untuk memastikan kesiapan HUT RI. Kemudian, pada 10 Agustus 2023, akan dilakukan rapat besar untuk pemantapan persiapan HUT ke-78 RI di Kaltim.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim Ujang Rachmad, Kepala Dispora Agus Hari Kesuma, Kepala Dinsos Andi Muhammad Ishak, dan seluruh perwakilan PD lingkup Provinsi Kaltim. (Krv/pt)