Berita

Semangat Kebangkitan Sebagai Bangsa Yang Tangguh.

  •   prabawati
  •   20 Mei 2021
  •   10:31am
  •   Berita
  •   881 kali dilihat

Samarinda--Momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional sejatinya diharapkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate, dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.

"Bangkit Kita Bangsa Yang Tangguh" tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini," saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Harkitnas yang ke 113 yang dilaksanakan secara virtual," Kamis (20/5)

Yang pertama tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. PandemI yang sudah melanda secara global lebih baik dari setahun ini. Sembari bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan mencapai jarak atau menghindari kerumunan.

Berikutnya, tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak disinformasi dan hoax. Terutama ditujukan untuk menjaga kesatuan sebagai bangsa.

"Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoax ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan,"ajaknya

Dan terakhir tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah ekonomi digita. Di tengah pandemi, bisnis dagangan berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari 2020 yang mencapai Rp 253 triliun menjadi Rp 337 triliun pada tahun 2021.

Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akses akseptasi digital pada masyarakat serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking.

Lanjutnya, pandemi Covid-9 berhasil mengubah kebiasaan-kebiasaan secara drastis, seperti interaksi fisik dan tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia tanpa sadar melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non digital menjadi digital.

Peringatan kebangkitan nasional ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa dengan tanpa memandang perbedaan suku agama ras dan golongan.

"Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia Digital, Semakin Digital Semakin Maju,"tutupnya (Prb/ty)