Berita

Semakin Banyak Anak Yang Terpapar Covid 19 di Balikpapan

  •   Leliyana Andriyani
  •   29 Juni 2021
  •   7:35pm
  •   Berita
  •   363 kali dilihat

Balikpapan - Tercatat dari laporan Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan sebanyak 258 anak terpapar Covid-19 dalam kurun waktu tidak sampai 2 bulan yakni tanggal 5 Mei hingga 25 Juni 2021. 

Yang terdiri dari beragam usia anak, mulai dari umur 1 tahun hingga 18 tahun, padahal sebelumnya di medio Mei 2021, kasus anak sangat sedikit.
”Selama pengetatan kegiatan hingga 1 Juli, tempat bermain anak ditutup sementara.

"Kami juga melakukan sosialisasi melalui Satgas Covid-19 di tingkat RT agar orangtua tidak mengajak anak ke luar rumah atau bepergian untuk sementara waktu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, (27/6).

Saat ini di Indonesia menghadapi lonjakan kasus Covid-19, dimana korban yang terpapar tidak hanya orang dewasa saja tapi juga anak-anak.
Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), FAAP saat Jumpa Pers pada hari Jum’at, (18/6), proporsi pada anak secara nasional adalah 12,5 persen.
"Data nasional saat ini proporsi kasus konfirmasi positif pada anak usia 0-18 tahun ini adalah 12,5 persen. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi itu adalah anak," kata dr Aman.

Kemudian 50% dari seluruh kasus kematian Corona pada anak-anak adalah kelompok balita atau dibawah lima tahun,
"Dan saya sering mengatakan 50% kematian anak itu balita," tegas kepada awak media.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk menjaga anak-anaknya agar tidak terpapar Covid-19. Mari kita mulai menjadi contoh teladan anak anak kita dengan selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

@dinkes_balikpapan