Berita

Sektor Pertanian Kaltim Tetap Eksis dan Unggul, Gubernur Panen Jagung

  •   Primayudha Amrullah
  •   29 September 2021
  •   2:47pm
  •   Berita
  •   420 kali dilihat

Kutai Kartanegara- Jagung menjadi salah satu komoditi yang kini tengah dikembangkan di Indonesia tidak terkecuali Kalimantan Timur. Jagung sebagai komoditas sub sektor tanaman pangan pada sektor pertanian yang memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian nasional setelah beras.

Hal itu terlihat dari keikutsertaan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor bersama dengan Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah dan juga Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan & Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah dalam Panen Raya Jagung Nusantara di Desa Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu pagi (29/9).

Alhamdulillah, kita ikut perkembangan, walaupun Kaltim ini dari segi komoditi utama memang di sektor pertambangan, tapi sektor pertanian kita tetap eksis dan unggul, imbuh Isran.

"Dimasa pandemi dan sulit seperti ini dan terbatas, masih banyak kelompok tani terkhusus petani jagung hibrida memproduksi dalam jumlah banyak," ujar Isran.

Acara ini digelar masih dalam rangkaian peringatan Hari Tani Nasional 2021 yang mengusung tema "Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan dan Memajukan Kesejahteraan Petani dan Rakyat Indonesia".

Tampak kurang lebih 30 Kelompok Tani Saka Makmur menggarap panen raya kali ini dengan total jumlah 7 ton/ha. Kegiatan ini juga disertai dengan penyerahan bantuan alat tanam jagung bagi Kelompok Tani Saka Makmur.
Selain itu, ditambahkannya lahan dan kawasan pertanian pangan komoditi jagung di Kaltim cukup luas dan produktif ditiap kabupten/kota.

Sehingga besar harapan Kaltim kedepan dapat menjadi daerah yang swasembada jagung dan Indonesia dapat menjadi negara pengekspor jagung, bukan lagi menjadi negara pengimpor jagung, harap Gubernue. (odie/pt)