Berita

Satu Hari Sebelum Peluncuran SATRIA-1

  •   Sefty Wulandari
  •   18 Juni 2023
  •   12:46pm
  •   Berita
  •   376 kali dilihat

Satu Hari Sebelum Peluncuran SATRIA-1

 

Florida, Amerika Serikat - Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18.04 waktu setempat atau 19 Juni 2023 pukul 05.04 WIB.

 

Arief Tri Hardiyanto selaku Plt Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyatakan bahwa SpaceX telah mengumumkan bahwa peluncuran masih akan dilaksanakan sesuai jadwal.

 

"Sejauh ini, semuanya masih berjalan sesuai jadwal atau belum ada indikasi adanya penundaan. Kami berharap agar setiap detik ke depan, terutama cuaca, tetap mendukung agar peluncuran dapat dilakukan tepat waktu," ungkapnya dalam Konferensi Pers Persiapan Peluncuran SATRIA-1 di Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu (17/06/2023) waktu setempat.

 

SATRIA-1 akan diluncurkan ke orbit menggunakan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation, yang dikenal juga sebagai SpaceX, dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

 

"Hari ini, kami memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Tuhan Yang Mahakuasa meridhoi perjuangan kita untuk memajukan bangsa melalui transformasi digital ini," ujar Arief Tri Hardiyanto, Plt Dirut BAKTI Kominfo.

 

Heru Dwikartono selaku Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, juga menjelaskan bahwa persiapan peluncuran hingga saat ini berjalan lancar dan sesuai rencana.

 

"Sampai hari ini, semua tahapan pekerjaan berlangsung dengan normal dan lancar. Satelit dan roket telah terintegrasi, meskipun masih dalam posisi horizontal. Malam ini, akan dilakukan pengangkatan dari hangar dan proses koneksi mekanikal di launchpad," jelasnya.

 

Heru berharap agar cuaca saat peluncuran berada dalam kondisi baik, sehingga seluruh tahapan peluncuran dapat berjalan sesuai rencana dan sukses.

 

"Prediksi SpaceX hingga pagi ini menunjukkan bahwa kondisinya masih sesuai rencana, dan peluncuran dapat dilakukan pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:02 waktu Florida," tambahnya.

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT Satelit Nusantara Tiga (SNT) telah menunjuk SpaceX sebagai mitra untuk menyediakan layanan peluncuran SATRIA-1 di fasilitas mereka di Florida.

 

SATRIA-1 dibangun oleh Thales Alenia Space (TAS) dari Prancis dengan menggunakan platform SpaceBus NEO. Proses pengangkutan SATRIA-1 menggunakan kapal kargo Nordic dari Prancis menuju Cape Canaveral melalui jalur laut dan membutuhkan waktu 17 hari. (KemenkominfoRI/sef/pt)