Berita

Sambangi KIPP Hingga Titik Nol IKN, Tim DWP Kemendagri Lanjutkan Giat di PPU

  •   Khajjar Rohmah
  •   12 Januari 2024
  •   10:35pm
  •   Berita
  •   413 kali dilihat

Nusantara - Pembangunan infrastruktur kota dan gedung pusat pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Rombongan Dharma Wanita Persatuan Unit Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (DWP Otda Kemendagri) pun menyambangi IKN dan melihat langsung progres pembangunan IKN. 

Kunjungan ke IKN diawali dengan mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi di Desa Tengin Baru Kabupaten Penajam Paser Utara. Bendungan ini diproyeksikan sebagai penyuplai kebutuhan air baku di wilayah IKN. 

Selanjutnya, tim DWP Otda Kemendagri bergerak ke Rumah Teknologi Nusantara di Desa Bumi Harapan Kecamatan Sepaku. Tempat ini disiapkan khusus sebagai pusat pengetahuan tentang pembangunan IKN.

Dalam kunjungan ke IKN tersebut, Tim DWP Otda Kemendagri juga berkesempatan melihat langsung komplek Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) hingga masuk ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Serta melihat langsung progres pembangunan gedung istana Negara dan kantor-kantor kementerian. 

"Bisa dilihat di sini ibu-ibu, pembangunan istana negara dan empat kantor kementerian koordinator. Komplek KIPP ini satu garis lurus dengan titik nol. Jadi, benar-benar terjadi pembangunannya bukan lagi hanya sekadar hutan saja," terang Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Perizinan IKN Otorita IKN, Muhammad Agung Syahputra saat mendampingi kunjungan Tim DWP Otda Kemendagri, Jumat (12/1/2024). 

Tak ketinggalan, tim DWP Otda pun menyambangi Titik Nol IKN yang kini menjadi ikon daya tarik wisata bagi warga bahkan luar Kalimantan Timur. 

"Yang utama dalam kunjungan kami memang mau lihat IKN ini. Karena saya di Jakarta, teman-teman suka nanya, IKN bener ngga sih ada? Sekarang sudah kita lihat dan buktikan ternyata benar ada," terang Wakil Ketua I DWP Otda Kemendagri, Andi Tenri Maddaremmeng di sela kunjungannya ke Titik Nol IKN. 

Agenda kunjungan DWP Otda Kemendagri ke IKN ditutup dengan jamuan makan di Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU) oleh istri Penjabat Bupati, Linda Romauli Siregar Marbun. (KRV/pt)