Berita

Resmi Sudah The Mountain Of ISRAN, Pengembangan Inovasi Balitbangda Kaltim

  •   resa septy
  •   14 Juli 2021
  •   3:43pm
  •   Berita
  •   360 kali dilihat

SAMARINDA - Resmi sudah The Mountain Of ISRAN (Innovation Sciences and Research Area Network), tempat wisata sekaligus penelitian bagi warga Kalimantan Timur hasil daripada pengembangan inovasi gagasan Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Balitbangda) Kaltim.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Wakilnya, Hadi Mulyadi yang ditandai dengan penandatanganan Plakat dan MOU serta penyerahan Sertifikat Hak Paten oleh Kepala Kanwil Kaltim Kemenkumham, Sofyan kepada Kepala Balitbangda Kaltim, Abdullah Sani, Rabu (14/07/2021).

Peninjauan The Mountain Of ISRAN yang dibangun tepat dibelakang Kantor Balitbangda Kaltim ini kemudian dilakukan oleh orang nomor satu di Benua Etam beserta jajarannya. Titik demi titik disinggahi, mulai dari Museum Mini, Pos Keamanan, Tempat Berkumpul, Spot berbagai tanaman khas Kaltim hingga sejumlah titik lainnya yang nantinya akan dikembangkan sesuai perencanaan.

Menariknya, dalam kesempatan ini Mantan Bupati Kutim tersebut diajak duduk di bawah rindangnya pohon untuk memberikan sambutanannya.

“Berada dalam posisi yang rilex, santai tapi berkualitas. Ini adalah sebuah karya anak bangsa khsususnya Kepala Balitbangda dan stafnya. Kita bersyukur ada sebuah pemikiran jauh kedepan dalam melestarikan plasma nutfah dari tanaman Kaltim,” ucap Isran dengan bangga.

Isran mengungkapkan dalam hal ini Pemerintah siap mendukung penuh jika terdapat ide ataupun inovasi lainnya yang ingin dilakukan dikemudian harinya.

“Mudahan ini jadi amal ibadah kita memulai dalam sebuah riset. Harapannya dapat menjadi percontohan dalam rangka pengembangan sebuah inovasi teknologi terutama pelestarian plasma nutfah Kaltim yang dapat dilaksanakan dan dapat dilakukan diberbagai daerah di luar area ini,” harapnya. (resa/pt)