Berita

Rapat Evaluasi KKS Se-Kalimantan Timur

  •   Bagus Setiawan
  •   13 Desember 2023
  •   1:19pm
  •   Berita
  •   324 kali dilihat

Balikpapan - Kabupaten Kota Sehat (KKS) merupakan proses penilaian suatu daerah memiliki lingkungan sehat yang lengkap, dimana kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk.

Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim yang menjadi koordinator untuk KKS, melakukan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Kalimantan Timur, yang bertempat Di Hotel Blue Sky. (13/12)

Ema Rosita Kepala Bagian Kesra Pelayanan Dasar Biro Kesra Setdaprov Kaltim, mengatakan pembinaan dan verifikasi KKS di Kaltim hanya diikuti lima Kabupaten/Kota saja pada tahun 2022. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu semangat kabupaten/kota lain untuk ikut serta kegiatan yang telah diprogramkan Kementerian Dalam Negeri.

"Kendala yang masih di alami beberapa Kabupaten/Kota sampai saat ini, masih adanya jamban atau tempat buang air besar masyarakat di sungai, sehingga beberapa Kabupaten/Kota di Kaltim tidak masuk dalam kategori tatanan KKS. Maka dari itu perlunya komitmen pembinaan dan fasilitasi untuk permasalahan tersebut di atasi. Di mana 10 Kabupaten/Kota Kaltim dapat mengikuti KKS",ujar Ema Rosita.

Penyelenggaraan KKS merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui forum yang difasilitasi pemerintah Kabupaten/Kota, dimana peningkatan suatu kawasan potensial dengan kesepakatan masyarakat, kelompok usaha, dan Pemerintah.

KKS bukanlah kompetisi, tetapi merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan aman, bersih, nyaman dan sehat, setiap daerah dapat memilih dan menetapkan pelaksanaan sesuai dengan kondisi dan kemampuan untuk memenuhi indikator tatanan KKS . (Bgs/ty)