Berita

Rangkaian Agenda Puncak Peringatan PRB 2022, Penandatangan MOU Kerjasama dan Penyerahan Bendera Pataka

  •   Hendra Saputra
  •   15 Oktober 2022
  •   7:33am
  •   Berita
  •   385 kali dilihat

Balikpapan - Rangkaian agenda puncak peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 di Kalimantan Timur,  bertempat di BSCC Dome Balikpapan, Jumat (14/10/2022).

Rangkaian kegiatannya diantaranya adalah Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau dokumen kerjasama. Kemudian, penyerahan Bendera Pataka ke tuan rumah Bulan PRB tahun 2023 yakni Provinsi Sulawesi Tenggara.

Adapun untuk Perjanjian Pertama yaitu kerjasama antara Kedeputian Bidang Sistem Dan Strategi BNPB Dengan PT Expoindo Kayana Mandiri isinya tentang penyelenggaraan kegiatan Asia Disaster Management And Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO), penandatanganan tersebut ditandatangani oleh Deputi Sistem Dan Starategi Raditya Jati dan Direktur PT. Expoindo Kayana Mandiri Adrian Wanabakti Cader.

Sedangkan Perjanjian kerjasama kedua yaitu antara Kedeputian Bidang Logistik Dan Peralatan BNPB dengan Asosiasi Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) tentang managemen logistik dan peralatan penanggulangan bencana.

Selanjutnya yang ketiga Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara BNPB dengan Ombudsman RI tentang peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan BNPB yang ditandatangani oleh kepala BNPB RI , Letjen TNI Suharyanto dan Ketua Ombudsman RI,  Muhammad Najhi.

Terakhir Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNPB dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tentang penanganan bencana di Bidang Kecelakaan Transportasi oleh Kepala BNPB RI,  Letjen TNI Suharyanto dan Ketua Sekretariat KNKT RI.

Disela-sela kegiatan tersebut ada juga pemutaran video, Launching Inarisk serta Tangguh Award.

Terakhir penyerahan Bendera Pataka yang diserahkan secara estafet dari Gubernur Kalimantan Timur,  Isran Noor ke Kepala BNPB RI,  Letjen TNI Suharyanto setelah itu diteruskan ke Gubernur Sulawesi Tenggara (Sulteng),  Ali Mazi. Penyerahan bendera Pataka ini sekaligus simbol bahwa Sulteng siap untuk menjadi tuan rumah Bulan PRB 2023 mendatang. (hend/pt)