Berita

Rangkaian Acara Menarik, Semarakkan Perayaan HUT ke 78 RI di Bumi Etam

  •   Khajjar Rohmah
  •   15 Agustus 2023
  •   12:02am
  •   Berita
  •   887 kali dilihat

Samarinda – Beragam rangkaian acara menarik akan memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (BPOD) telah menyiapkan serangkaian acara peringatan HUT RI di Bumi Etam selama sepekan penuh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni menyebut, perayaan HUT ke 78 RI akan dihelat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah masa pandemi COVID-19 dalam tiga tahun terakhir.

“Jadi tahun lalu kan perayaan HUT RI masih semi pandemi. Alhamdulillah sekarang kita sudah bisa full merayakan HUT RI. Jadi mungkin, konsep peringatannya bisa melihat pada formasi tahun 2019 lalu. Dan saya harap bisa lebih meriah dari HUT Kaltim ke 66 awal tahun kemarin,” ungkap Sekda Sri.

Rangkaian acara HUT RI diawali dengan pemberian Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) kepada 397 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov Kaltim pada Selasa (15/8/2023) pagi. Kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Paskibraka Provinsi Kaltim di Pendopo Odah Etam pada Selasa (15/8) malam.

Sehari setelahnya, acara diisi dengan pemberian remisi kepada narapidana yang akan dilaksanakan di Lapas Kelas II A Samarinda. Dan Ramah Tamah dengan Para Veteran Kaltim di Pendopo Odah Etam.

Masih di hari yang sama, Rabu (16/8/2023) rangkaian acara HUT RI di Bumi Etam akan dipusatkan di Kantor DPRD Kaltim dengan menyaksikan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

Pada malam hari, rangkaian acara berlanjut dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang akan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa tepat pukul 00.00 malam. Acara ini diisi dengan apel dan doa bersama untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang pada masa perjuangan merebut kemerdekaan negara.

Acara puncak, Kamis 17 Agustus 2023, yakni Upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltim, Ir Isran Noor sebagai Inspektur Upacara (Irup) di GOR Kadrie Oening, Sempaja Samarinda pada pukul 09.00 pagi.

Dalam upacara tersebut, juga akan diisi dengan pertunjukan Marching Band dari SMKN 4 Samarinda.

Pada Kamis (17/8/2023) malam, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan Malam Resepsi dan Syukuran HUT ke 78 RI di Plenary Hall Komplek GOR Kadrie Oening Sempaja.

Kemudian pada 18 – 22 Agustus akan digelar Kaltim Expo di Convention Hall Sempaja yang akan diisi dengan berbagai booth Perangkat Daerah (PD) dan UMKM.

Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya juga akan memeriahkan peringatan HUT RI di Bumi Etam. Yang akan digelar pada Sabtu (19/8/2023) pagi di GOR Segiri Samarinda. (KRV/pt)