Berita

Raker Komisi I DPRD Kaltim Bahas Evaluasi Kinerja dan Persiapan Seleksi Anggota KI Kaltim

  •   Ceppy
  •   1 April 2024
  •   9:55pm
  •   Berita
  •   234 kali dilihat

Raker Komisi I DPRD Kaltim Bahas Evaluasi Kinerja dan Persiapan Seleksi Anggota KI Kaltim

 

Balikpapan - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur telah menggelar rapat kerja bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim dan Komisi Informasi (KI) Kaltim, Senin (01/04/2024).

 

Raker ini dalam rangka mengoptimalkan serta mensinergikan pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang Komisi I DPRD Kaltim.

 

Memimpin jalannya rapat, Baharuddin Demmu yang juga menjabat Ketua Komisi I menerangkan, ada dua agenda penting yang dibahas pada raker tersebut. Pertama, yaitu tentang Pemaparan Laporan Kerja Komisi Informasi Provinsi Kaltim.

 

 

“Kami ingin mendengar capaian Kaltim dalam konteks keterbukaan informasi publik (KIP) dan mengevaluasi kinerja, serta berdiskusi terkait upaya mempertahankan bahkan meningkatkan peringkat prestasi Kaltim yang kini berada pada peringkat 8 nasional, juga berhasil mempertahankan predikat Informatif selama empat tahun berturut-turut, “ terangnya pada rapat yang berlangsung di Hotel Platinum Balikpapan.

 

Diketahui, ada beberapa catatan terutama dari hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan KI Kaltim.

 

“Masih tentang KIP, hal lain yang turut menjadi perhatian bersama yaitu evaluasi dan apresiasi KIP Desa, persoalan sengketa publik, serta realisasi anggaran,” jelas Ketua KI Kaltim Imran Duse.

 

Beberapa badan publik yang belum mendapat predikat informatif, harapannya agar dapat dievaluasi dan meningkatkan standar teknis pelayanan informasi publik.

 

Kemudian, pembahasan raker yang kedua yaitu terkait Persiapan Seleksi Anggota KI Provinsi Kaltim Periode 2024-2028. Adapun, kepengurusan KI Kaltim 2020-2024 ini akan segera berakhir pada bulan november 2024 mendatang. Sehingga, persiapan dan tahapan seleksinya diharapkan dapat segera dirancang.

 

Hadir pula membersamai kegiatan raker ini yaitu Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, jajaran anggota komisi I yaitu Yusuf Mustafa, Henry Pailan Tandi Payung, Kaharuddin Jafar, Marthinus, Herliana Yanti, H.J Jahidin, Harun Al Rasyid, Agus Aras, dan Rima Hartati. Jajaran anggota KI Kaltim yaitu M Khaidir, Erni Wahyuni, dan Indra Zakaria, jajaran Diskominfo Kaltim dan Sekretariat DPRD Kaltim. (cpy/pt)