Berita

PWI Kaltim Peringati Hari Pers Nasional dengan Silaturahmi dan Refleksi Prestasi Media

  •   prabawati
  •   9 Februari 2024
  •   11:47am
  •   Berita
  •   638 kali dilihat

Samarinda - Memaknai momentum Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim menggelar silaturahmi dengan insan pers.

 Silaturahmi yang digelar sederhana ini dilaksanakan di Gedung PWI jalan Biola, Jum’at (9/2).

 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Agus Hari Kesuma, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Muhammad Syafruddin, serta anggota PWI Kaltim hadir dalam acara tersebut.

 “Saya bangga dengan pencapaian kita selama empat tahun terakhir, di mana kita menjadi yang terbaik dalam indeks kemerdekaan pers. Dua tahun terakhir, kita bahkan menduduki peringkat satu nasional," ungkap Kadis Kominfo Kaltim, Faisal.

 Faisal mengatakan Iklim kondusif di kehumasan itu kunci utamanya human relationship, untuk itu mari terus menjaga keakraban agar saat bekerja tercipta suasana yang nyaman.

 “Kita harus mempertahankan iklim kondusif dan menetapkan parameter yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan,” tambahnya.

 Untuk mempertahankan iklim tersebut, peran aktif dari pemerintah, media, wartawan, dan masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga kebebasan pers di Kalimantan Timur.

 Pemerintah sedang mempersiapkan Peraturan Gubernur Kalimantan Timur tentang Pengelolaan Media Komunikasi Publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

 “Saya pikir sudah saatnya peraturan gubernur ini diterapkan, di mana pemimpin redaksi harus menjadi wartawan utama, bukan sekadar wartawan madya,” ujarnya.

 Faisal juga menekankan bahwa media yang dapat bekerja sama dengan pemerintah provinsi Kaltim harus minimal sudah berdiri selama dua tahun, Sehingga kerja sama tersebut benar-benar efektif, dan penyebaran desiminasi informasi dari pemerintah provinsi Kaltim dapat menjadi lebih baik.

Plt Ketua PWI Kalimantan Timur Achmad Sahab melaporkan saat ini, berkat bantuan dari Pemerintah provinsi Kaltim, dari 358 anggota, sudah ada 341 yang telah mengikuti uji kompetensi, sehingga tinggal 17 orang lagi yang belum mengikuti uji kompetensi.

 Sahab menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut terdapat 68 wartawan tingkat utama, 98 tingkat madya, dan 175 tingkat muda.

 “Insya Allah, pada tahun 2026, Kaltim akan menjadi tuan rumah Porwarnas,” ujarnya.

 

Dia berharap kemitraan ini tetap terjaga sehingga PWI semakin profesional. (Prb/ty)