Berita

Progres PK2021 Kaltim Baru Capai 49,07 Persen

  •   prabawati
  •   29 Mei 2021
  •   5:19am
  •   Berita
  •   238 kali dilihat

Samarinda-- Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim Al Khafid Hidayat, menyatakan hingga 27 Mei 2021 progres Pendataan Keluarga (PK) 2021 baru mencapai 49,07 persen secara Provinsi.

Namun disisi lain ada 1 kota yang telah mencapai data yang cukup optimun yakni Bontang dengan 85,27 persen.

"Terendah berada di Kutai Timur yang baru mencapai 17, 80 persen dari KK yang ditargetkan," ungkapnya saat menjadi narasumber di dialog interkatif, Jum'at (28/5)

Salah satu yang menjadi kendala adalah adanya kesulitan jaringan terutama daerah -daerah yang secara geografis memang belum tersedia infrastruktur.

Menurut Khafid, BKKBN telah melakukan berbagai upaya didalam mengakselerasi pendataan keluarga. Pihaknya terus memonitor dan memberikan solusi atas kendala yang ada dilapangan.

Pendataan keluarga tahun 2021 merupakan pelaksanaan yang kedua, setelah pertama kali dilakukan tahun 2015 lalu. Tentu dengan proses pelaksanaan yang terkena dampak Covid-19 ini dilakukan sacara protokol kesehatan.

"Keluarga yang didatangi kerumah juga harus memastikan kader-keder menggunakan masker serta menjaga jarak aman," ungkapnya

PK21 dilakukan dengan menghasilkan data mikro keluarga yang di input by name and by adresnya, sehingga data-data diberikan memang berbasis pada kondisi wilayah rill yang ada dilapangan.

Dengan perencanaan yang baik berdasarkan data yang akurat maka harapannya nanti pembangunan dapat dilakukan secara tetap sasaran.(Prb/ty)