Berita

Program Kukar Kaya Festival Raih Indonesia Award 2023

  •   Sefty Wulandari
  •   3 September 2023
  •   12:28pm
  •   Berita
  •   494 kali dilihat

Program Kukar Kaya Festival Raih Indonesia Award 2023

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Indonesia Award 2023 melalui program "Kukar Kaya Festival" yang diselenggarakan oleh iNews Media Group. Penghargaan tersebut diberikan saat acara peluncuran iNews Media Group di Jakarta Concert Hall, iNews Tower Media Nusantara Citra (MNC) Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada tanggal Kamis, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan yang diterima oleh Wakil Bupati Kukar, H Rendi Solihin tersebut turut dihadiri diantaranya Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta beberapa publik figur yang dianggap inovatif.

Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan setiap individu yang mendapatkan penghargaan Indonesia Award 2023 tersebut memang layak memperoleh penghargaan tersebut, karena menurutnya penghargaan yang diperoleh itu merupakan hasil dari proses penjurian.

“Memang mereka layak untuk mendapatkan penghargaan, karena ini kan melalui proses penjurian,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui setelah menghadiri kegiatan, Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengapresiasi penghargaan Indonesia Award 2023 yang telah diberikan tersebut.

“Alhamdulillah malam ini kami dari Kutai Kartanegara bersama dengan Kekraf Kukar dan Dinas Pariwisata mendapatkan penghargaan Indonesia Award 2023 kabupaten terkreatif versi iNews,” terang H Rendi Solihin.

Lebih lanjut, dirinya tidak menyangka bahwa Kabupaten Kukar yang berada jauh dari ibu kota negara tersebut mendapatkan perhatian khusus dari iNews Media Group sehingga berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten dengan inovasi kreatif.

Ditambahkannya, adapun inovasi yang menjadi penilaian dari penghargaan tersebut ialah terkait program Kukar Kaya Festival, yaitu program inovasi yang memiliki multiplayer efek terhadap ekonomi kreatif, pelaku UMKM, seniman dan sektor pariwisata di dalam pelaksanaannya.

Menurutnya, program Kukar Kaya Festival tidak hanya berpusat di ibu kota kabupaten semata, namun juga menyasar di kecamatan-kecamatan yang ada di Kukar. Yang mana kegiatan Kukar Kaya Festival dikatakannya tidak saja bergelut pada sektor seni pertunjukan semata, namun juga menyasar berbagai segmen seperti festival budaya, olahraga, keagamaan, dan festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Hingga hari ini ada sekitar 50 festival lebih yang kita laksanakan, bukan hanya di ibu kota kabupaten, tapi juga di seluruh kecamatan yang ada di Kukar,” pungkasnya.(prokomkukar/sef/pt)