Berita

Pra Rakernas APPSI di Kaltim Kedepankan Lokalitas dalam Pembangunan

  •   Sefty Wulandari
  •   26 Oktober 2022
  •   1:13am
  •   Berita
  •   354 kali dilihat

Pra Rakernas APPSI di Kaltim Kedepankan Lokalitas dalam Pembangunan

Balikpapan - Gelaran Pra Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tahun 2023 telah resmi dibuka. Kali ini, Kalimantan Timur mendapat amanah menjadi tuan rumah. Kegiatan Pra Rakernas tersebut diselenggarakan selama 2 (dua) hari yakni 26-27 Oktober 2022.

Indahnya tarian suku adat Kutai yang dibawakan para penari diiringi merdunya musik khas Melayu, disuguhkan dalam rangkaian pembukaan perhelatan nasional di malam hari tersebut. Sajian ini menggambarkan sukacita bertemunya para Pemimpin Daerah dari berbagai asal di Tanah Air.

Pada kegiatan Pra Rakernas ini hadir langsung Ketua Umum APPSI 2019-2022 Anies Rasyid Baswedan. Anies menyapa seluruh peserta sekaligus mengapresiasi acara yang dilaksanakan di Kota yang dijuluki pula Kota Beriman ini.

“Di momentum silaturahmi ini saya ucapkan Terima Kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Pemerintah Provinsi di Indonesia. Juga, seluruh daerah yang secara bergilir menjadi tuan rumah baik untuk acara pra-rakernas malam ini dan semua kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama masa bakti dirinya menjabat. Menurutnya, pada masa kepemimpinannya di APPSI, waktu seolah terasa berlalu dengan amat cepat. Hal ini dikarenakan situasi negeri yang tengah dilanda pandemi. Namun, hal itu tak menyurutkan APPSI untuk terus bersinergi bersama-sama majukan seluruh program pembangunan di Republik Indonesia.

“Pemprov saling menopang dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan. Yang perlu menjadi catatan adalah kedepannya, kita akan memiliki banyak tantangan yang harus diselesaikan, diantaranya memasukkan perspektif lokal dalam setiap perancangan hingga pemutusan kebijakan, sehingga gagasan solusi nantinya dapat memperhitungkan keunikan setiap daerah” tambahnya.

Dirinya juga berpesan, dimasukkannya lokalitas tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, gap antara pembahasan pada rapat dengan realitanya di daerah terasa kian lebar. Disinilah peran APPSI sangat dibutuhkan dalam kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah.

Berakhirnya masa kepemimpinan Anies ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka kepada pemegang tongkat estafet berikutnya yang juga merupakan orang nomor satu di Bumi Etam, yakni Gubernur H Isran Noor M.Si.

Rangkaian perhelatan Rapat Pra-Rakernas 2023 dilanjutkan dengan berbagai kegiatan pada tanggal 27 Oktober yakni Penjelasan Rancangan Materi Rakernas 2023 yang membahas tentang berbagai isu strategis pembangunan di masa depannya, hingga City Tour menggunakan Kapal.

Selain Anies dan Isran, Pada rapat Pra-Rakernas ini, hadir membersamai kegiatan yakni Ketua Dewan Pakar APPSI Prof Dr Ryaas Rasyid beserta anggota, Gubernur seluruh Indonesia ataupun yang mewakili, Wakil Gubernur Provinsi Kaltim H. Hadi Mulyadi dan seluruh Wakil Gubernur se-Indonesia, Forkopimda seluruh Indonesia, Bupati dan Walikota dan seluruh tamu undangan serta awak media. (sw/pt)