Berita

Polda Kaltim Usut Kerjasama Pengintegrasian CCTV, Maksimalkan Fungsi Command Center

  •   resa septy
  •   24 Mei 2021
  •   5:45pm
  •   Berita
  •   550 kali dilihat

SAMARINDA - Kebutuhan masyarakat akan keamanan sangatlah tinggi. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh besarnya potensi tindak kejahatan dan kecelakaan lalu lintas saat ini. Namun, dengan pengadaan CCTV dibeberapa titik lokasi dapat mempermudah proses pengungkapan kasus yang terjadi.

Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini berupaya meningkatkan pelayanan publik melalui kerjasama dengan Pemprov Kaltim. Kerjasama ini diusut guna memaksimalkan fungsi Command Center Polda Kaltim dengan mengintegrasikan akses jaringan CCTV Dinas Perhubungan Prov Kaltim ke Dashboard Command Center Polda Kaltim.

“Dengan adanya kerjasama terkait integrasi CCTV ini nantinya akan sangat membantu Polda Kaltim dalam pelaksanaan tugas pengungkapan suatu kasus kejahatan yang terjadi. Tujuannya adalah untuk sama-sama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Kaltim,” ucap Pamen Polda Kaltim, AKBP Andrias Susanto Nugroho, Senin (24/05/2021).

Dalam rapat kerjasama yang dipimpin oleh Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim, M Syafranuddin di Ruang Tepian II Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Andrias mengungkapkan bahwasannya saat ini Polda Kaltim telah mengelola sebanyak 93 CCTV di Mapolda Kaltim, 18 di Polresta Kota Samarinda, 13 di Polresta Kota Balikpapan, 13 di Res Kab Berau, 16 di Res Kab Bontang, 17 di Res Kab Kutai Timur, 17 di Res Kab Paser dan 17 di Res Kab Penajam Paser Utara.

“Dari kerjasama ini harapan kita Polda Kaltim terjadi tukar menukar data dan informasi, dapat memonitor situasi kamseltibcarlantas, pengembangan sistem informasi terintegrasi, tata kelola pelayanan yang cepat dan tepat, terpeliharanya kamtibmas yang kondusif di wilayah Kaltim dan lokasi atau daerah yang rawan dapat termonitor apabila terjadi pelanggaran atau tindak pidana,” pungkas Mantan Kapolres Kab Kukar.

Turut hadir dalam rapat diantaranya jajaran Polda Kaltim, Karaoops Polda Kaltim, Dirlantas Polda Kaltim, Kabid TIK Polda Kaltim, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov Katim, Badan Pendapatan Daerah Prov Kaltim, Dinas Perhubungan Prov Kaltim, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim, Biro Hukum Setda Prov Kaltim, Biro Humas Setda Prov Kaltim, dan Dinas Perhubungan Kota Samarinda. (resa/pt)