Berita

Pj Akmal Malik Tekankan Pentingnya Data untuk Digitalisasi

  •   Sefty Wulandari
  •   23 Oktober 2023
  •   12:17pm
  •   Berita
  •   346 kali dilihat

Pj Akmal Malik Tekankan Pentingnya Data untuk Digitalisasi

 

PPU - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik menekankan bahwa keberadaan data khususnya data berbasis data desa presisi sangat penting di era teknologi informasi saat ini.

 

Dalam arahannya pada kegiatan Sosialisasi Data Desa Presisi (DDP) di Penajam Paser Utara (PPU) hari Senin (23/10/2023) Pj Akmal menjelaskan keberadaan data diibaratkan seperti bahan bakar untuk menjalankan digitalisasi.

 

DDP menjadi inovasi metodologi data dasar untuk Big Data di Indonesia. Untuk itu, sebagai rujukan data Pj Akmal menginginkan agar PPU menjadi salah satu pilot project dalam pelaksanaan program ini, didukung dengan kolaborasi seluruh pihak terkait baik di lingkup provinsi hingga kabupaten dan kota.

 

“Sebagai Big Data, ada banyak sekali manfaat DDP diantaranya untuk perencanaan, penataan, kerja sama, hingga investasi yang masuk ke desa. Sumber Daya dan ukurannya, serta kondisi riilnya. Ini yang kita harapkan dapat membantu untuk mengoptimalkan lagi kegunaan DDP sebagai rujukan untuk memajukan daerah terutama kawasan-kawasan penyangga IKN” jelas Akmal.

 

Upaya ini, selanjutnya akan dikerahkan dengan pendekatan yang berfokus tiga cara pengaplikasian diantaranya pada sektor teknologi drone, sensus digital, dan instrument PRA.

 

Pria kelahiran Pulau Punjung, Dharmasyara itu turut menuturkan bahwa untuk implementasinya nanti diperlukan kolaborasi yang apik mulai dari seluruh unsur desa, kabupaten / kota, dan pemerintah provinsi untuk bersinergi dalam DDP ini.

 

Sehingga, outputnya nanti dapat diakses dengan digital dan luas, serta diharapkan dapat memberikan dampak yang efisien dalam tata kelola dan optimalisasi pembangunan.

 

“Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan hasil yang luar biasa, sudah waktunya kita bekerja dengan tidak biasa-biasa saja” tutupnya.

 

Digitalisasi, jika dikelola dengan bijaksana, dapat membantu akses, efisiensi, dan kualitas hidup penduduk, serta berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan memaksimalkan digitalisasi untuk pengembangan desa di PPU maka diharapkan pula dapat megakselerasi pembangunan di kawasan Serambi Nusantara ini. (sef/pt)