Berita

Pertunjukan Ansemble Sape’ Kaltim Akan Meriahkan Perayaan HUT Ke-78 RI di Istana Negara

  •   Sefty Wulandari
  •   15 Agustus 2023
  •   9:10pm
  •   Berita
  •   529 kali dilihat

Pertunjukan Ansemble Sape’ Kaltim Akan Meriahkan Perayaan HUT Ke-78 RI di Istana Negara

Jakarta - Malam Seni akan menjadi sorotan dalam Perayaan HUT RI ke-78 dengan Pertunjukan Ansemble Sape' yang berasal dari Kalimantan Timur di Istana Negara.

Sebanyak 10 musisi Sape' dari Kalimantan Timur akan memukau penonton dalam acara Malam Seni yang memperingati HUT RI yang ke-78 di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (17/8).

Para 10 musisi Sape', ditemani oleh Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Awang Khalik, telah berada di Jakarta sejak Senin (14/8) untuk melakukan persiapan dan gladi bersih yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (16/8) di Istana Negara.

Awang Khalik menyatakan bahwa kelompok 10 musisi Sape' berasal dari berbagai daerah, termasuk Samarinda (Markus Laden dan Laing Along), Balikpapan (Angkasa Irwansyah dan Andin Destian), Kutai Timur (Fransiskus Iwan dan Daniel Febrian), Taman Budaya Kalimantan Timur (Aspian Nur Gusprada dan Kresna Syuhada), serta Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Yuvenalis Temenan dan Mario Lago).

Dalam penampilan mereka di acara bergengsi ini, para 10 musisi akan memainkan ansambel musik Sape' berjudul 'Dot Diot, Senandung Mahakam'," kata Awang Khalik dalam wawancara dengan niaga.asia pada Senin (14/8).

"Ansambel Sape' ini merefleksikan identitas suku Dayak Kenyah dalam ritual adat, yang terus mengalami rekonstruksi dan menggambarkan karakteristik perilaku senang, gembira, semangat, dan harmoni," tambah alumnus ISI Yogyakarta ini.

Dalam penampilan ansambel musik Sape', katanya, juga akan diperkaya dengan alunan salah satu alat musik tradisional Dayak, yaitu Suling Dewa.

"Suling Dewa akan dimainkan oleh Aspian Nur Gusprada dan Kresna Syuhada," sambung Awang Khalik.

"Ansambel musik Sape' sebelumnya telah dipentaskan di depan Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur serta sejumlah wisatawan asing di atas kapal menyusuri Sungai Enggang di Borneo, pekan lalu," tambahnya.

Selain penampilan ansambel Sape', dalam Malam Seni yang merayakan HUT RI ke-78 di Istana Negara, juga akan dihadirkan pertunjukan musik 'Aghurdhag' dari Madura, 'Gamelan' Bali, 'Temung Serama Pakan Jaran' dari NTB, 'Sasando' dari NTT, dan 'Sula Basanohi' dari Maluku Utara. (sef/pt)

Sumber: Niaga Asia