Berita

Pertamina EP Field Sangasanga Raih Predikat Emas Proper 2021

  •   Rizky Kurniawan
  •   31 Desember 2021
  •   9:46pm
  •   Berita
  •   788 kali dilihat

Samarinda - Setelah memperoleh predikat emas pada PROPER 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. PT Pertamina EP Field Sangasanga, unit bisnis PT Pertamina Hulu Indonesia melakukan kunjungan dan bersilaturahmi bersama Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, di Rumah Jabatan Wagub Kaltim Jl Milono, Jumat (31/12).

Manajemen Field Sangasanga saat ini tengah bersiap mempertahankan peringkat emas pada PROPER 2022. Tidak hanya melakukan eksploitasi minyak dan gas bumi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, namun juga melaksanakan berbagai pengembangan program-program inovasi sosial yang dilakukan secara sinergis salah satunya dengan melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat mitra binaan.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan pencapaian Proper Emas ini adalah indikator kinerja yang baik dari Pertamina EP Field Sangasanga dalam hal pembinaan lingkungan. "Semoga dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan yang lain dan menjadi pemacu untuk pertamina agar berkinerja lebih baik serta terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Hadi.

Atas nama pemerintah dan masyarakat kalimantan timur, Hadi mengucapkan selamat dan terimakasih setinggi-tingginya atas prestasi yangh di peroleh dan semoga dapat dipertahankan. “Tentu dengan kerjasama yang baik serta kolaborasi bersama seluruh masyarakat agar mampu berperan aktif dalam proses ini,” ucapnya.

Sementara itu, Gondo Irawan selaku Senior Manager PT Pertamina EP Sangasanga Field Zona 9 Regional Kalimantan bersyukur Field Sangasanga mendapatkan predikat Emas pada Proper 2021. Sebelumnya, selama 2012-2020, perusahaan mendapatkan predikat Proper Hijau. “Alhamdulilah tahun ini mampu meraih Proper Emas, tentunya ini akan menuntut strategi yang lebih inovasi lagi dalam mempertahankan emas Proper di Field Sangasanga,“ ujarnya.

Filosofi Inovasi Sosial Field Sangasanga selalu menitikberatkan pada kearifan lokal, yaitu “Bakayuh Baimbai, Waja Sampai Kaputing”, yang bermakna “Berjuang Bersama-sama, Semangat Sampai Akhir”. “Artinya, perjuangan dan capaian Proper Emas ini adalah kerja bersama, hal ini yang akan terus kita utamakan dalam berkolaborasi,” katanya.

Menurut dia, pencapaian ini tidak terlepas dari kerjasama tim yang luar biasa. Gondo selalu menanamkan sebuah point of view kepada semua pekerja di Sangasanga bahwa pengembangan inovasi sosial ini adalah tanggung jawab bersama dan tidak menjadi tanggungan atau dilakukan oleh fungsi External Relation saja.

“Dukungan dari semua pihak terkait sangat berpengaruh signifikan dalam raihan proper emas ini agar semua program bisa berjalan dengan baik,” ujar Gondo Irawan.

Gondo merasa bangga dengan mitra binaan Field Sangasanga. Apalagi Field Sangasanga mampu menunjukan sinergi, kolaborasi dan arti dari kebersamaan dalam membangun negeri ini lewat program binaan.

“Sekali lagi tentu rasa syukur yang kembali kami ucapkan atas perolehan ini. Terima kasih kepada semua pihak baik internal dan eksternal yang ikut membantu dengan sinergi terbaiknya dalam pencapaian Proper Emas di Field Sangasanga ini,” ujar Gondo yang juga pernah membawa Pertamina EP Field Jambi meraih predikat Proper Emas saat menjabat Field Manager.

Untuk diketahui, Selain berupaya mempertahankan predikat Emas pada ajang Proper 2022, Field Sangasanga juga fokus untuk meningkatkan produksi. Field Sangasanga merupakan salah satu lapangan yang sudah mature. Karena itu, menurut Gondo, dalam pengelolaannya butuh strategi yang tepat terutama dalam pencapaian produksi. Target tahun depan Field Sangasanga memproduksi minyak 5.087 barrel oil per day (bopd) dengan beberapa program pengeboran dan workover untuk mendukung target tersebut.

Turut hadir, Andre Wijanarko Pjs GM Zona 9 PT Pertamina Hulu Indonesia, Trimo Kelompok Tani Setaria, Kelurahan Sarijaya Kecamatan Sangasanga, Sarifah Ketua Kelompok UMKM Bukwiskula, Kutai Lama Kecamatan Anggana, Endah Kelompok Wanita Tani Margolestari, Kelurahan Margomulyo Kecamatan Samboja.