Berita

Persiapan Pembentukan CSIRT

  •   ade putri
  •   3 Juni 2021
  •   12:27pm
  •   Berita
  •   1571 kali dilihat

 

SAMARINDA - Tim persiapan pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hadir ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (3/6/2021).

Hadirnya Tim persiapan pembentukan CSIRT tersebut dalam rangka mempersiapkan tahapan pelaksanaan kegiatan Persiapan Pembentukan CSIRT pada Pemprov Kaltim. Kegiatan persiapan pembentukan CSIRT berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 3-4 Juni 2021.

Tim disambut Kepala Diskominfo Prov Kaltim Muhammad Faisal, Kabid TIK dan Persandian, Dianto, beserta seluruh jajarannya, bertempat di Ruang Wiek Kantor Diskominfo Prov. Kaltim.

Persiapan Pembentukan CSIRT pada Instansi Pemerintah diantara lain meliputi Kesiapan dokumen aset (software, aplikasi, server), kesiapan keamanan informasi, kesiapan sistem monitoring (IDS/IPS), Draf Sk, topologi, dokumen kebijakan, sop, format laporan penanganan insiden, RFC 2350.

Tim persiapan pembentukan CSIRT BSSN, Agustinus Toad berharap dalam 2 (dua) hari kegiatan ini semua persiapan bisa terselesaikan.

“Semoga memungkinkan 2 (dua) hari ini bisa selesai, nanti kami bantu untuk membuatkan dokumen-dokumennya,” harapnya.

Diketahui, CSIRT atau Computer Security Incident Response Team merupakan merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau laporan dan aktivitas keamanan siber. Tim ini bertugas untuk melindungi data dan sistem dari insiden keamanan siber yang terjadi. Tim ini nantinya akan bertindak sesuai dengan prosedur dan kebijakan untuk merespon dengan cepat dan efektif terhadap insiden keamanan dan untuk mengurangi risiko serangan siber. (ade p/pt)