Berita

Perlunya Literasi Sebagai Antisipasi Pencurian Data di Era Digital

  •   Bagus Setiawan
  •   5 Juli 2024
  •   8:54pm
  •   Berita
  •   232 kali dilihat

Samarinda - Pesatnya kemajuan dunia digital dan pemanfaatannya harus di imbangi dengan literasi digital karena keamanan Siber di era serba internet akan sangat rentan pencurian data.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal mengatakan dalam Talk Show Publika di TVRI Kaltim ( 5/7 ).

Pencurian data oleh oknum tidak bertanggung jawab sangat membahayakan, maka dari itu perlunya literasi digital agar keamanan data terlindungi.

"Sekecil apapun data pribadi kita harus jaga, mari kita peduli keamanan informasi" ujar Faisal.

Peretasan siber kepada pemerintah baru-baru ini sangat menghawatirkan, karena data pribadi masyarakat sangat rentan disalahgunakan, seperti Pinjaman Online (Pinjol) dan judi online.

Faisal juga menambahkan keamanan siber khususnya di Kaltim, yang mempunyai keamanan siber yang berkolaborasi Diskominfo, Badan Intelejen Negara dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

"InsyaAllah sangat aman, karena kita memiliki tentara siber yang berbayar, pertahanan itu kalau tidak dites sekali-sekali juga kita tidak akan tau betapa kuatnya pertahanan yang kita miliki"pungkasnya.(Bgs/ty)