Berita

Perkuat Ekosistem Start Up dan Kewirausahaan untuk Generasi Muda, DPMPTSP Kaltim Gelar Investment Goes to Campus 2024

  •   Ceppy
  •   5 Maret 2024
  •   8:57pm
  •   Berita
  •   162 kali dilihat

Perkuat Ekosistem Start Up dan Kewirausahaan untuk Generasi Muda, DPMPTSP Kaltim Gelar Investment Goes to Campus 2024

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim menggelar acara "Investment Goes to Campus 2024". Berkolaborasi dengan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda , kegiatan ini bertujuan untuk membawa kesadaran akan pentingnya ekosistem start up dan kewirausahaan di Bumi Etam.

Gelaran ini adalah yang kedua kalinya diadakan. Total 450 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Samarinda berpartisipasi dan siap menggali wawasan terkait dunia ekonomi.

Terlebih, narasumber dari berbagai latar belakang turut dihadirkan untuk memperkaya acara ini. Adapun para narasumber tersebut ialah Deputi Bidang Teknologi Informasi Penanaman Modal Kementerian Investasi, Galuh Chandra Kirana, serta penggiat kewirausahaan Ardis Christian.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata dan komitmen kita bersama untuk mempekuat kewirausahaan serta mendukung perkembangan start up di Kaltim. Sejalan pula dalam rangka membangun generasi muda yang berkualitas dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Ini juga menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkan konsep usaha dan peluang investasi kepada para mahasiswa dan generasi muda” ujar Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto, Selasa (05/03/2024) saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara dengan resmi.

UINSI Samarinda yang ditunjuk sebagai tuan rumah Investment Goes to Campus 2024 menyambut dengan baik. Wakil I Rektor UINSI mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan visi UINSI untuk menjadi agen perubahan yang tidak hanya unggul dalam pembelajaran di kampus, tetapi juga dalam rekonstruksi sosial bagi masyarakat.

“Kegiatan ini linear atau relean dengan visi UINSI Samarinda yaitu unggul dalam pengembangan masyarakat. Jadi tidak hanya fokus pada penguatan pembelajaran di kampus namun juga ada rekontruksi sosialnya terutama bagi mahasiswa lulusan agar bisa menjadi agen dan pelopor perubahan di masyarakat. “ jelas Wakil Rektor I UINSI Prof. Dr. Muhammad Nasir, M. Ag.

Selain adanya sesi pemaparan, kegiatan ini juga dirangkai dengan sesi penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada perwakilan mahasiswa dan mahasiswi yang telah memulai langkahnya sebagai penggiat usaha atau start up.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang regulasi bisnis, mendorong inovasi dan daya saing, serta membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi di Kaltim. Turut hadir dalam agenda kegiatan ini yaitu Analis Berita Diskominfo Kaltim Dafa Ezra  (cpy/pt)