Berita

Peringatan Kartini

  •   resa septy
  •   21 April 2021
  •   4:09pm
  •   Berita
  •   458 kali dilihat

Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini adalah pembaca dan penulis yang luar biasa. Kartini adalah salah satu fenomena penulis perempuan pribumi Indonesia di zaman penjajahan Belanda. Kartini adalah pribumi yang berliterasi di zamannya.

Selamat Hari Kartini 21 April 2021, untuk Kartini-Kartini Hebat di Kalimantan Timur dan di Indonesia, ujar DR. Rina Juwita,S.IP., MHRIR selaku Ketua Bidang Litbang DPD IPPRISIA Provinsi Kalimantan Timur sekaligus Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIPOL UNMUL, dihubungi (21/4/2021).

 “Teruntuk seluruh perempuan hebat dimana pun berada teruslah berkarya untuk bangsa dan Negara,”terangnya.

Lanjutnya, RA Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional yang merupakan pelopor kebangkitan kaum perempuan Indonesia. Sehingga, tidak salah jika kemudian RA Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan Indonesia.

Pilihan perempuan untuk berperan di ranah publik adalah juga bagian dari hak yang dimilikinya, karena perempuan memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses dan peluang membangun negara di ruang publik. Maka menjadi tugas bersama kita untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kemampuan yang dimiliki semua perempuan agar bisa berpartisipasi setara di ranah public, tuturnya.

Sebagaimana dalam kacamata sosial tidak ada lagi pembatasan yang menjadi belenggu. Era modern sekarang ini harus dijadikan lahan pembebasan sepenuhnya atau menjadi lahan yang sebebas-bebasnya bagi pergerakan perempuan tanpa juga melupakan adanya keterikatan aturan, norma sosial, serta hak dan kewajibannya sebagai seorang perempuan. Kebebasan yang diharapkan dari adanya perjuangan perempuan di era sekarang ini adalah pengakuan yang sama bahwa mereka mampu, mereka bisa dan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata, imbuh Rina.

Kartini masa kini adalah sosok Kartini yang bisa memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, bertanggung jawab, berdikari tinggi untuk selalu berusaha mewujudkan persamaan hak perempuan baik di sektor publik maupun sektor domestik. Kartini sekarang ini sudah sangat jauh berbeda dengan kartini pada masa lalu, yang menjadikannya selalu eksis hingga saat ini adalah perjuangan yang selalu ada untuk bisa meraih cita dan asa dalam kehidupan yang lebih egaliter, ucapnya.

Untuk seluruh Perempuan hebat di manapun berada, Teruslah berkarya untuk bangsa dan negara!, tutup Rina.(resa/pt)