Berita

Peringatan Hari Bhakti Postel 2023: KolaborAKSI Digitalisasi Negeri

  •   Sefty Wulandari
  •   27 September 2023
  •   10:38am
  •   Berita
  •   508 kali dilihat

Peringatan Hari Bhakti Postel 2023: KolaborAKSI Digitalisasi Negeri

Samarinda - Memperingati 78 Tahun Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Samarinda menggelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel, Rabu (27/09/2023).

Enggan melupakan sejarah, riwayat singkat peristiwa diambil-alihnya Jawatan PTT dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh putra putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon yang disingkat AMPTT pada tanggal 27 September 1945.

Memimpin sebagai inspektur upacara dengan khidmatnya, Kepala Balmon Samarinda Warko yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi mengatakan sejak adanya sejarah tersebut pos dan telekomunikasi hingga kini memegang peran penting dalam membantu konektivitas di seluruh negeri, dan memfasilitasi komunikasi di berbagai sektor. Dengan makin berkembangnya era teknologi terutama digitalisasi, semangat para insan pos dan telekomunikasi masih membara dalam membantu akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Semangat ini, tak hanya agar sektor pos dan telekomunikasi semakin maju tetapi juga untuk mendorong perluasan akses dan digitalisasi Indonesia seluruhnya tanpa terkecuali.” ujarnya.

Akselerasi transformasi digital Indonesia juga menjadi aksi nyata demi mendorongnya kebangkitan ekonomi. Hal ini selaras pula dengan tema Hari Bhakti Postel tahun ini yaitu “KolaborAKSI Digital untuk Indonesia Maju”.

Komitmen Kementerian Kominfo kepada Indonesia untuk menghubungkan wilayah-wilayah sampai pelosok negeri, memberdayakan ekosistem telekomunikasi, dan memastikan tiap warga negara memiliki hak untuk akses yang sama atas informasi.


Hadir dalam seremoni ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim yang diwakili oleh Kasubbag Umum Agus Priyanto dan staf, Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda, Komisi Penyiaran Indonesia Kalimantan Timur, ORARI Kaltim, RAPI Kaltim, dan sejumlah Lembaga Penyiaran. (sef/pt)