Berita

Peresmian Hutan Adat Hemaq Beniung Kubar

  •   Bagus Setiawan
  •   9 Maret 2023
  •   7:19pm
  •   Berita
  •   534 kali dilihat

Sendawar - Taman Hutan Adat Hemaq Beniung diresmikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, didampingi oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan sekaligus penyerahan penghargaan dan bantuan kepada masyarakat secara simbolis.(8/3)

Setibanya di kawasan Hemaq Beniung, rombongan Wagub disambut tarian adat dayak dan meninjau hasil produk pembinaan Dekranada Kubar. Selagi berkeliling melihat kerajinan tangan khas dayak, Hadi Mulyadi membeli satu persatu barang-barang tersebut guna meningkatkan perekonomian.

 


Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kaltim mengatakan Hutan Kutai Barat menjadi penyumbang penurunan emisi karbon terbesar karena hutannya masih asri dan hutan adat Hemaq Beniung merupakan hutan adat pertama di Kaltim.

"Selamat kepada Kutai Barat memiliki Hutan Adat pertama di Kaltim, mudah-mudahan di tahun depan akan mendapatkan panji keberhasilan di bidang kehutanan" ucap Hadi.

Dikarenakan Kutai barat menyumbang penurunan emisi karbon terbesar di kaltim diikuti Kukar dan Kutim, sehingga Kaltim mendapatkan sumbangan dari world Bank 110 USD terkait emisi karbon, dana tersebut akan cair bertahap selama tiga tahun.

Hutan adat Hemaq Beniung memiliki luas kawasan 48,8 hektar, hutan adat tersebut diakui pertama dimiliki Kubar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak 2017, kemudian disusul oleh Kabupaten Paser. (Bgs/ty)