Berita

Peran Komunikasi dalam Menghadapi Era Disrupsi: Mahasiswa Unmul Mengeksplorasi Makna dan Tantangan Menyambut IKN

  •   Hendra Saputra
  •   13 Desember 2023
  •   1:33pm
  •   Berita
  •   383 kali dilihat

Samarinda - Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman melakukan kunjungan studi dan wawancara serta membuat Podcast dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi. Kunjungan ini dilakukan di ruang Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK) Diskominfo Provinsi Kaltim, Rabu (13/12/2023).

Rombongan mahasiswa disambut oleh Kabid IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini, yang menjawab sejumlah pertanyaan dari perwakilan mahasiswa. Adapun mahaiswa tersebut di antaranya Rangga Saputra. Pertanyaan mencakup makna dan pentingnya komunikasi di era disrupsi, hubungan komunikasi dengan adanya IKN, tantangan dan peluang untuk para praktisi komunikasi dalam menyambut IKN, serta harapan dan saran untuk calon praktisi komunikasi.

Irene Yuriantini menyampaikan bahwa proyek IKN memberikan keuntungan besar bagi Kaltim, memperoleh perhatian global dan menekankan pentingnya komunikasi yang efektif dalam menginformasikan progres pembangunan IKN.

Dia juga mencatat bahwa proyek IKN dapat membawa dampak positif jika dilaksanakan dengan adil dan merata, menciptakan alternatif untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan di kota-kota besar.

Dalam konteks penyambutan IKN, Irene Yuriantini menggaris bawahi upaya Diskominfo Kaltim dalam menggalakkan publikasi melalui kerjasama dengan berbagai media. Dengan adanya media, informasi terkait IKN diharapkan dapat tersebar luas di Kaltim. Selain itu, komunikasi yang baik diharapkan dapat membangun partisipasi masyarakat dalam proyek pembangunan tersebut. (hend/pt)