Berita

Peran Istimewa Perempuan Dalam Era Digital

  •   Ceppy
  •   28 Agustus 2023
  •   10:54am
  •   Berita
  •   3931 kali dilihat

Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, perempuan telah memainkan peran yang semakin signifikan dalam perkembangan dunia digital. Mereka telah mengambil alih bidang-bidang teknologi, bisnis, bahkan dunia kreatif dengan tekad dan prestasi luar biasa.

Pertama-tama, dalam dunia teknologi, kita melihat peningkatan pesat dalam partisipasi perempuan. Semakin banyak perempuan yang terlibat dalam pemrograman, rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer. Tak sedikit dari mereka mampu membuktikan mereka bisa memimpin inovasi dan memecahkan masalah yang kompleks.

Di sektor bisnis, perempuan juga mengambil peran penting dalam startup dan perusahaan teknologi besar. Tidak hanya itu, perempuan juga berperan dalam dunia kreatif digital. Mereka menciptakan konten yang menginspirasi jutaan orang melalui beragam platform.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Women’s Equality Day pada bulan Agustus tahun 2023, Dream.co.id dan Diadona.id menggelar Apresiasi Perempuan Berpengaruh (APB) 2023, Senin (28/08).

Memberikan Opening Speech, Wenseslaus Manggut selaku CCO KapanLagi Youniverse (KLY) mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kiprah perempuan-perempuan Indonesia yang menginspirasi dalam berbagai aspek dan telah memberikan kontribusinya dalam pembangunan bangsa.

“Perempuan-perempuan menginspirasi tersebar di seluruh penjuru negeri. Hari ini kita bukan hanya merayakan, karena sejatinya para perempuan di era kini sudah jauh melampaui paradigma yang selama ini tertanam di masyarakat, ” pungkasnya.

Selain itu, perempuan juga memainkan peran penting dalam mengadvokasi kesetaraan gender dalam industri teknologi. Mereka menjadi pelopor untuk mendorong lingkungan kerja yang inklusif dan adil, memastikan bahwa perempuan memiliki akses dan kesempatan yang sama dalam dunia digital. Hal ini pun menjadi sorotan Deputi V Kantor Kepala Staf Presiden RI Jaleswari Pramodhawardani.

“Secara keseluruhan, peran perempuan dalam perkembangan dunia digital semakin penting. Mereka tidak hanya menjadi bagian dari revolusi teknologi ini tetapi juga berkontribusi secara signifikan untuk membentuk masa depan yang lebih cerah dalam ranah digital, ” ujar Wanita yang akrab disapa Dani ini.

Dengan demikian, lanjutnya perempuan tidak hanya menjadi bagian dari revolusi digital ini tetapi juga aktif berkontribusi untuk membentuk masa depan yang lebih inklusif dan cerah dalam dunia digital. (sef/pt)

Foto : Adding.