Berita

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM di Era Teknologi

  •   Ade Putri
  •   4 Juni 2024
  •   7:26pm
  •   Berita
  •   239 kali dilihat

Samarinda - Kemampuan digital marketing kini menjadi kebutuhan penting bagi para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk dapat mengimbangi kemajuan teknologi informasi yang pesat dan mendukung kegiatan bisnis.

Pengurus KADIN Kaltim, Oya Faisal, menegaskan bahwa pemasaran digital sangat penting untuk meningkatkan profit. Melalui pemasaran digital, UMKM dapat mempromosikan produk mereka dengan lebih mudah dan menjangkau konsumen lebih luas.

“Pemasaran digital memudahkan konsumen untuk membeli tanpa harus datang langsung ke toko, memberikan kenyamanan dan kemudahan, serta menghasilkan respons positif bagi pemilik UMKM,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Digital Marketing, Selasa (4/6/2024).

Oya juga menyarankan agar produk yang dipasarkan memiliki branding yang unik agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan.

“Seperti yang saya lakukan dengan produk saya, yang saya branding sebagai 'Resep Turun Temurun,'” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Diskominfo Kaltim, Primayudha Amrullah, menjelaskan cara memotret produk dengan menarik sehingga dapat memikat pelanggan.

“Semua orang bisa memotret, namun tidak semua dapat menyajikan foto dengan estetika yang tepat. Dalam sebuah produk, visual sangat penting untuk menyampaikan informasi. Foto yang baik adalah foto yang memiliki pencahayaan cukup,” ungkapnya (ade/pt).