Berita

Penguatan Kolaborasi Kunci Percepatan Transformasi Digital Nasional

  •   Rizky Kurniawan
  •   13 Desember 2023
  •   9:32pm
  •   Berita
  •   279 kali dilihat

Penguatan Kolaborasi Kunci Percepatan Transformasi Digital Nasional

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar Seminar Indeks Transformasi Digital Nasional (TDN) sekaligus Launching Visi Indonesia Digital (VID) 2045 dengan tema "Navigating Digital Transformation Across The Archipelago" di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jalan M H Thamrin, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (13/12).

Acara yang dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Nezar Patria tersebut merupakan salah satu program Kemenkominfo sebagai leading sektor dalam agenda percepatan TDN.

Upaya berbagai entitas kementerian dan lembaga dalam melaksanakan transformasi digital sesuai fungsinya masing-masing akan lebih efektif apabila mengarah pada sebuah arah strategis yang sama.

"Saya meyakini bahwa penguatan kolaborasi adalah kunci percepatan transformasi digital nasional, guna mencapai visi besar Bapak Presiden Joko Widodo, Menuju Indonesia Emas 2045," ucap Nezar Patria.

Ditempat yang sama, ia menekankan bahwa indeks ini bukanlah pemeringkatan tetapi sebuah gambaran akan kesiapan dan kematangan dalam melaksanakan transformasi digital.

Hal ini diperlukan karena agenda transformasi digital perlu didukung bersama agar dapat dilaksanakan secara inklusif baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Terima kasih kepada semua instansi pemerintah, kementerian, lembaga maupun dinas kominfo yang sudah berkontribusi memberikan data sehingga dapat membentuk indeks transformasi digital nasional ini," kata Wamen Kominfo

Nezar berharap kedepan indeks TDN dapat dijadikan rujukan bagi pelaksana program di aspek-aspek transformasi digital yang memerlukan penguatan. (Rzk/ty)