Berita

Pengendalian Inflasi Pangan dengan Panen Cabai Bersama

  •   Bagus Setiawan
  •   12 Januari 2024
  •   12:57pm
  •   Berita
  •   445 kali dilihat

Samarinda- Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, S.I.P  bersama Pemerintah Provinsi dan Kota Samarinda melaksanakan panen cabai dI lokasi Ketahanan Pangan Kodim 0901/Smd Jl. Kauman RT.24 Kel. Harapan Baru, Kec. Loajanan Ilir Kota Samarinda, Jum'at (12/1/2024).

Kegiatan panen raya ini dalam rangka mendukung program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), di Wilayah Kodim 0901/Smd tahun 2024 dengan Tema" Gerakan Nasional  Pengendalian Inflasi Pangan di Kota Samarinda".

 



Sambutan Dandim 0901/Samarinda Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, S.Sos., M.Han. mengatakan pada hari ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI dalam hal ini Kodim 0901/Smd terhadap upaya memperkuat Ketahanan  Pangan Nasional dimana issue  Ketahanan Pangan menjadi salah satu program penting Nasional yang memerlukan penangan serius.

"Bentuk keseriusan TNI terlibat dalam upaya  meningkatkan Ketahanan Pangan dimulai dengan pemanfaatan lahan Kodim  0901/Smd untuk sementara difungsikan sebagai lahan pertanian untuk  pengembangan beberapa komoditi termasuk salah satunya komoditi Cabai (Capsicum Annum) yang akan kita panen  pada kesempatan ini, merupakan salah satu penyebab terjadinya Inflansi", jelasnya.



Dandim menambahkan "Selain komoditi Cabai, di Lahan  Kodim 0901/Smd bersama dengan  Pemerintah Kota Samarinda juga  dikembangkan Tanaman Pangan komoditi  Kedelai sebanyak 3 kg dimana tujuan  produksinya menghasilkan benih kedelai yang nantinya disebar ke petani-petani di  Samarinda. Komoditi ini diharapkan  menjadi salah satu target pengembangan  mengingat komoditi kedelai termasuk  dalam program Nasional disamping  tanaman padi dan jagung".

"Adanya program atau kegiatan ini diharapkan mengundang minat dan ketertarikan masyarakat kota Samarinda  berkecimpung disektor pertanian dan mengikuti langkah-langkah yang  dipelopori oleh Kodim 0901/Smd dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong. Kodim 0901/Smd bersinergi dengan  Pemerintah Kota Samarinda ditandai  dengan bantuan sarana dan prasarana pertanian dan tenaga pendamping
penyuluh Kota Samarinda, diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas komoditi cabai sehingga diharapkan inflasi yang diakibatkannya dapat tertangani ditingkat daerah", tuturnya.

Diketahui data pertanian Lahan Demplot Cabe 1 HA dengan target tanam 20.000 pohon, Kodim 0901/Smd memiliki 1 Kelompok Tani Binaan Karya Swarga. Pada tanggal 29 Agustus 2023 dilaksanakan kick off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Kalimantan Timur dengan penanaman 2.000 pohon cabai. Kegiatan penanaman cabai dilanjutkan dengan Tanam Serempak dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 oleh 12 Petani dengan target tanam 1.500 pohon per petani.

Hadir dalam Acara tersebut diantaranya Kepala Dinas Pertanian Kota Samarinda, Drs. Muhammad Darham M.Si. Sekretaris Dinas Komunikasi Dan Informatika Kaltim Edi Hermawanto Noor , Kasrem 091 ASN Kol Inf. Priyanto Eko Widodo S.I.P, Para Kasi Kasrem 091/ ASN dan Kejati Kaltim H. Masdu SH MH.

Sumber : Penrem 091/ASN