Berita

Pengembangan Ekonomi Kreatif Diperkuat

  •   prabawati
  •   23 Maret 2021
  •   3:39pm
  •   Berita
  •   309 kali dilihat

Samarinda----Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memperkuat sinergitas dan pengembangan ekonomi kreatif di daerah.

Salah satu upaya tersebut dengan menggelar Diseminasi Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kaltim, yang diselenggarakan di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (23/3)

Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi meyakini bahwa peta jalan yang dilakukan diseminasi ini akan mampu membuka peluang lebar pengembangan produktivitas masyarakat, pemberdayaan masyarakat, sekaligus mendorong pembangunan yang berkelanjutan di masa datang.

"Peta jalan ini menjadi sesuatu yang penting bagi kita untuk bergerak,"terangnya

Sebagaimana yang diketahui bahwa apabila bekerja tanpa informasi yang lengkap, tanpa data yang cukup makan perencanaan tidak akan tepat di lapangan.

Lanjutnya, apabila dilihat data sumbangsih devisa terhadap negara, pariwisata menjadi sektor unggulan kedua yang memberikan devisa terbesar untuk Indonesia.

"Walaupun di Kaltim belum, karena memang Kaltim secara umum banyak yang bergantung pada industri-industri hulu, dimana kita banyak memanfaatkan batu-bara dan sumber daya alam yang lain sebagai pusat perekonomian,"paparnya

Untuk itu kedepan harus melakukan langkah kreatif dalam membangun produktifitas baru masyarakat di berbagai bidang.

Di sisi lain Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kaltim, Sri Wahyuni, menegaskan sudah sepatutnya Kaltim memiliki peta jalan untuk pengembangan ekonomi kreatif, sebagai salah satu alternatif untuk bergerak dari industri ekstratif dan non ekstratif.

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, ternyata Kaltim berpotensi di 6 subsektor yakni Kuliner, Kriya, aplikasi dan games, seni pertunukan, Fotografi/Videografi dan musik. (Prb/ty)