Berita

Pengawasan Ketat Distribusi Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Paser oleh DPPKUKM Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   28 Juni 2024
  •   1:27pm
  •   Berita
  •   258 kali dilihat

Tana Paser - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi di beberapa titik wilayah Kabupaten Paser. Pengawasan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 27 hingga 28 Juni 2024.

Kegiatan pengawasan ini dipimpin oleh Penyidik PPNS-Perlindungan Konsumen DPPKUKM Kaltim yang juga merupakan Ketua Koordinator Kegiatan, Hernawati Apriyani, yang akrab dipanggil Noni.

Kegiatan ini juga didampingi oleh Bidang Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, perwakilan dari Dinas Pangan TPH Kaltim, Asisten Akun Eksekutif (AAE) Pupuk Indonesia, Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Paser, Diskominfo Kaltim, Polres Kab. Paser, dan perwakilan instansi vertikal terkait di wilayah Kabupaten Paser.

Tiga titik pengawasan yang dikunjungi dalam kegiatan ini adalah UD. Ridha Jl. Modang No. 60 Tanah Grogot Kec. Tanah Grogot Kab. Paser, UD. Argo Paser Jl. Poros Provinsi Desa Damit RT. 07 Kec. Paser Belengkong, dan UD. Sahabat Tani Jl. PTPN Tanah Merah RT. 003 Janju Kec. Tanah Grogot Kab. Paser.

Hernawati Apriyani menjelaskan bahwa tujuan dari kunjungan pengawasan ini adalah untuk memantau ketersediaan pupuk bersubsidi dari Pupuk Indonesia dan memastikan legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB) serta Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di kios-kios penyalur pupuk.

"Kami juga mengawasi ke mana saja penyaluran distribusi pupuk tersebut disalurkan. Kami berharap dengan adanya pengawasan ini tidak ada kendala dan permasalahan di lapangan sehingga kita bisa menjaga kualitas dari pupuk tersebut," ujar Hernawati.

Harapan kami juga adalah memudahkan masyarakat mendapatkan pupuk bersubsidi dengan cara mengatasi permasalahan yang ada, terutama kendala aplikasi karena masalah sistem sering error dikarenakan sinyal. Sehingga masyarakat atau petani mereka lebih mengusulkan menggunakan Kartu Tani dari pada aplikasi. (hend/pt)