Berita

Pengajian Rutin Diskominfo Kaltim, Ingatkan Persiapan Sambut Ramadan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   16 Februari 2024
  •   10:19am
  •   Berita
  •   220 kali dilihat

Samarinda – Mendekati bulan Ramadan yang penuh dengan rahmat, berkah dan ampuna . Bulan mulia yang istimewa di banding bulan-bulan lainnya yakni Ramadan. Pada bulan Ramadan nilai ibadah dilipatgandakan, doa-doa dikabulkan, dosa diampuni, pintu surga dibuka, sementara pintu neraka ditutup. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim mengadakan pengajian rutin.

Ustadz Aslam menekankan pentingnya persiapan spiritual dalam menyambut bulan Ramadan. Ia menyatakan bahwa iman yang kokoh menjadi pondasi utama dalam menjalankan ibadah di bulan yang mulia tersebut. Ia pin mengingatkan jamaah akan pentingnya persiapan menyambut Ramadan sebagai tamu agung yang selalu dinanti-nanti kedatangannya.

“Karena Ramadan ini istimewa dibanding Bulan lain, maka kita harus menyambutnya seperti tamu penting yang akan datang. Kita perlu mempersiapkan diri dalam menyambut bulan yang mulia. Persiapan itu dibutuhkan agar kita dapat secara maksimal memanfaatkan dan beribadah. Sudah masuk Bulan Sya’ban saatnya pemanasan untuk Ramadan,” ucapnya di mushola Ar-Risalah Diskominfo, Jumat (16/2/2024).

Ustadz Aslam juga menyoroti realitas bahwa banyak orang yang berpuasa setiap tahun di bulan Ramadan hanya merasakan lapar dan dahaga, tanpa mendapatkan manfaat spiritual yang seharusnya. Hal ini disebabkan kurangnya pondasi iman, pengetahuan agama yang cukup dan kurangnya amal salih yang mendampingi ibadah puasa. Iman bukan hanya pengakuan namun ia adalah perbuatan yang didasari pada pemahaman.

Sebagaimana peringatan dari Rasulullah “Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad). (cht/pt)

 

foto : Hendra Saputra