Berita

Penerapan PPKM Darurat 15 Kabupaten/Kota di Luar Jawa Bali

  •   resa septy
  •   9 Juli 2021
  •   6:13pm
  •   Berita
  •   282 kali dilihat

SAMARINDA - Sebanyak 15 Kabupaten/Kota di luar Jawa-Bali diarahkan terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kab/Kota tersebut diantaranya Tanjung Pinang, Singkawang, Padang Panjang, Balikpapan, Bandar Lampung, Pontianak, Manokwari, Sorong, Batam, Bontang, Bukit Tinggi, Berau, Padang, Mataram dan Medan.

Hal ini diputuskan Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan hasil dari Rapat Koordinasi Evaluasi Implementasi PPKM Mikro diperketat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto secara virtual, Jumat (09/07/2021).

Penetapan PPKM Darurat pada 15 Kab/Kota tersebut merupakan upaya Pemerintah dalam menekan laju penularan virus Covid-19. Mengingat adanya lonjakan kasus per 8 Juli 2021 yaitu 82.711 atau 63,74%. Oleh karena itu kebijakan ini diambil dan akan berlakukan mulai tanggal 12-20 Juli 2021.

Adapun parameter penetapan Kab/Kota di Luar Jawa-Bali untuk penerapan PPKM Darurat disampaikan Airlangga yaitu wilayah berada pada level 4, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) lebih dari 65%, kasus aktif mengalami peningkatan signifikan dalam seminggu terakhir dan capaian vaksinasi kurang dari 50%.

“Pada Kab/Kota yang menerapkan PPKM Darurat akan diberikan bantuan beras dan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM),” beber Airlangga.

Sementara itu pada sesi diskusi Gubernur Kaltim, Isran Noor yang turut mengikuti Rakor secara virtual dari Ruang Heart of Borneo Lantai 2 Kantor Gubernur mengajukan kepada Menko Perekonomian agar Kaltim dapat diprioritaskan dalam alokasi vaksin lebih cepat. Hal ini ditekankan Isran lantaran tingkat prevelensi Covid-19 Kaltim berada diurutan kedua setelah DKI Jakarta.

Sedangkan untuk penerapan PPKM Darurat pada 3 Kab/Kota di Kaltim,  Isran menyikapi dengan sigap akan melaksanakannya 100%.

“Kami siap bekerja sesuai intruksi Menko Perekonomian, Mendagri dan Menkes untuk dapat melaksanakan dengan segala tanggung jawab serta kerjasama diantara kami semua,” tutupnya. (resa/pt)